Kearifan Lokal Dalam Ritual Penyembelihan Hewan Qurban

643
Kearifan Lokal Dalam Ritual Penyembelihan Hewan Qurban
Ibu-ibu warga RW 09, Yosorejo, Metro Timur, tengah mempersiapkan segala kebutuhan warga dalam prosesi penyembelihan hewan qurban. Foto: Ade Embun - Sebatin.com

Sebatin.com – Hari Raya Idul Adha atau yang lebih sering disebut sebagai Hari Raya Qurban adalah sebuah moment yang ditunggu-tunggu bagi seluruh umat muslim di dunia, salah satunya di Indonesia.

Pada Hari Raya inilah, salah satu kesempatan bagi mereka yang mampu secara ekonomi untuk berbagi kepada sanak saudara dan tetangga dengan cara menyembelih hewan qurban.

Ritual penyembelihan hewan qurban memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, salah satunya di sekitaran Masjid Nurul Amin, RW 9, Kelurahan Yosorejo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung (12/09/2016).

Suasana keakraban, kerukunan, dan gotong-royong warga sekitar tampak pada moment ini. Terlihat anak-anak bermain gembira sembari menyaksikan hewan-hewan qurban yang akan disembelih, sementara itu para remaja putera tampak asyik mendokumentasikan kegiatan tersebut, dan para bapak sibuk mempersiapkan semua perlengkapan dan proses penyembelihan. Segalanya berjalan secara dinamis, sehingga menciptakan aura dan suasana yang gembira serta positif.

Kearifan Lokal Dalam Ritual Penyembelihan Hewan Qurban 2
Bapak-bapak warga RW 09 Kelurahan Yosorejo, Metro Timur, Kota Metro, bergotong-royong menyiapkan daging qurban untuk para warga di seputaran Masjid Nurul Amin. Foto: Ade Embun – Sebatin.com

Tak mau ketinggalan, para kaum ibu juga terlihat sibuk sejak pagi hari. Mereka mempersiapkan segala kebutuhan para suami dan warga yang ada dan terlibat dalam prosesi penyembelihan hewan qurban tersebut, mulai dari mempersiapkan camilan, kopi, teh, dan memasak sebagian dari daging Qurban untuk dikonsumsi secara bersama-sama oleh siapapun yang hadir dalam acara tersebut.

Kearifan Lokal Dalam Ritual Penyembelihan Hewan Qurban 3
Kesibukan ibu-ibu dalam menyiapkan hidangan bagi panitia dan warga yang hadir dalam prosesi penyembelihan hewan qurban Masjid Nurul Amin. Foto: Ade Embun – Sebatin.com

Moment ini hanyalah salah satu dari contoh bahwa masih adanya sebuah tradisi positif yang merupakan kearifan lokal masyarakat di RW 9, Yosorejo, Metro Timur, Kota Metro. Kita dan para orang tua wajib mendokumentasikan serta menularkannya kepada para generasi muda penerus bangsa guna menghindari tergerusnya silaturahmi di antara warga dan tetangga, seiring semakin derasnya perkembangan modernisasi yang terkadang menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi kehidupan di masa depan. (Ade Embun)

Tinggalkan Komentar Anda