Kenangan Indah di Taman Merdeka Terbuyarkan Dengan Aroma Tak Sedap dan Tumpukan Sampah

448
Kenangan Indah di Taman Merdeka Terbuyarkan Dengan Aroma Tak Sedap dan Tumpukan Sampah 01
Kondisi Taman Merdeka Kota Metro pasca liburan Idul Fitri 1438 H, Rabu (05/07/2017). Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Keindahan, kenyamanan serta kebersihan Taman Merdeka Kota Metro sudah lama diketahui oleh sebagian masyarakat diwilayah Provinsi Lampung dan menjadi icon serta landmark kebanggaan Bumi Sai wawai. Tapi ironisnya, beberapa waktu lalu keindahan serta kebersihan itu sudah tidak nampak lagi. Hal itu terlihat jelas dari sampah yang berserakan dimana-mana, kotor dan tidak terawat, itulah pemandangan yang terlihat di Taman Merdeka Kota Metro pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Dari pantauan sebatin.com, nampak jelas tumpukan sampah dimana-mana, rumput yang rusak parak, tanah-tanah becek serta aroma bau tak sedap yang menyebar ke segala arah. Padahal jika Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui dinas-dinas terkait, berusaha serius dalam menangani Taman Merdeka sebagai sebuah lokasi yang asri dan bersahabat serta memiliki fungsi tematik yang jelas, taman ini dapat menjadi tempat yang asik untuk disinggahi oleh pengunjung baik dari luar maupun masyarakat Kota Metro sendiri, yang tentu saja akan memberikan nilai lebih bagi Kota yang memiliki visi sebagai Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga.

Kenangan Indah di Taman Merdeka Terbuyarkan Dengan Aroma Tak Sedap dan Tumpukan Sampah 04
Heru dan Bayu pengunjung Taman Merdeka Kota Metro, yang berasal dari Way Jepara Lampung Timur, Rabu (05/07/2017). Foto : Sebatin.com

Contohnya Heru, salah satu pengunjung Taman Merdeka, asal Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur, yang mengatakan, bahwa Taman Merdeka ini sangat bagus dan indah, tetapi sangat disayangkan, penataan serta pemeliharaan taman ini sangat kurang,

“Mustinya rumput yang ada ditaman ini jangan sampai diinjak-injak, biar rumput tetap terpelihara, kan ini sudah ada jalan paving bloknya”, ujarnya kepada sebatin.com di Taman Merdeka Kota Metro, Rabu (05/07/2017).

Lanjut Heru, Taman Merdeka semestinya bisa menjadi tempat wisata yang asri dan nyaman, juga bisa dijadilkan tempat alternatif untuk beristirahat bagi para pengunjung dari luar Kota Metro.

“Kan bisa jadi tempat bersantai atau beristirahat sambil berwisata bagi para pengunjung dari luar kota, yang sembari menjenguk keluarga atau kerabatnya di rawat di RSUD Ahmad Yani atau lainnya. Atau bisa juga buat tempat nunggu bagi mereka yang keluarganya sedang berbelanja ke pasar Metro. Tentunya beristirahat atau bersantai di taman ini harusnya nyaman banget, tapi melihat keadaannya sekarang ini, kok sangat memprihatinkan, terkesan kumuh”, ungkapnya.

Kenangan Indah di Taman Merdeka Terbuyarkan Dengan Aroma Tak Sedap dan Tumpukan Sampah 02
Tumpukan sampah dan bau aroma tak sedap menyelimuti Taman Merdeka Kota Metro, Rabu (05/07/1980). Foto : Sebatin.com

Ditambahkan juga oleh Bayu, yang juga berasal dari Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur, yang merasa prihatin dengan kondisi Taman Merdeka Kota Metro saat ini.

“Dulu saya sekolah di Kota Metro, Mas, waktu itu taman ini nyaman banget, buat cari inspirasi atau sekedar ngerjain tugas sekolah bersama teman-teman. La kok sekarang jadi kayak gini ya ?. Udah lumayan jauh-jauh dari Way Jepara, niatnya sekedar ingin bernostalgia disini, yang ada bau tak sedap di beberapa sudut taman, terus becek, banyak sampah berserakan lagi”, keluh Bayu.

Ia juga sangat berharap kepada pemerintah setempat, agar dapat segera memperbaiki semua fasilitas yang kondisinya rusak, dan benar-benar serius dalam merawat serta mengelola Taman Merdeka yang memberikan banyak kenangan indah bagi siapapun yang pernah tinggal di Kota Metro.

(S02)

Tinggalkan Komentar Anda