Kepala Bakamla RI Temui Lima Pimpinan KPK

83
Kepala Bakamla RI Temui Lima Pimpinan KPK
Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. di hadapan media usai bertemu 5 Pimpinan KPK, di Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada Kav. 4, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/19).

Sebatin.com, Jakarta – Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Laksamana Madya Bakamla A Taufiq R, melakukan pertemuan dengan lima (5) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada Kav. 4, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/19).

Selain guna menjalin silaturahmi sebagai pejabat baru di lingkungan Bakamla RI, pertemuan tersebut juga dalam rangka membicarakan rencana pembangunan postur Bakamla RI sebagai Indonesian Coast Guard, seperti yang ada di negara-negara maju. “Idealnya, instansi Coast Guard memiliki tiga kewenangan khusus, yakni penjaga keselamatan laut (maritime safety), penjaga kemanan laut (maritime security), dan fungsi sebagai Komponen Cadangan (Komcad) pertahanan dalam aspek maritim (maritime defence)”, ucapan Laksdya Taufiq di hadapan para petinggi KPK.

Lebih lanjut, Laksdya Taufiq juga menyampaikan untuk mencapai cita-cita membentuk Indonesian Coast Guard diperlukan pembangunan arsitektur Komando dan Pengendalian (Kodal) yang baik. Terlebih lagi yang dapat menyatukan semua komponen negara, khususnya di bidang kemaritiman. “Semua upaya ini dilakukan untuk bersama-sama menjaga keamanan wilayah dan yurisdiksi nasional sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi”, pungkasnya.

Menanggapi penjelasan Laksdya Taufiq tersebut, Ketua KPK, Agus Raharjo yang juga didampingi jajaran Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Saut Situmorang, dan Laode Muhammad Syarif, sangat menyambut baik dan antusias dengan tanggapan-tanggapan nya yang positif.

Ditambahkan juga oleh Saut Situmorang yang mengusulkan untuk mengawal road map pembangunan organisasi Bakamla menuju Indonesian Coast Guard. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda