Kesbangpol Kota Metro Sosialisasikan Netralitas ASN Jelang Pemilukada dan Pemilu

4
Kesbangpol Kota Metro, melakukan sosialisasi Netralisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilukada, dan Pemilihian Umum (Pemilu), di Lec. Kartika Kota Metro, Rabu (14/03/18). Foto : Red

Sebatin.com, Kota Metro – Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro, melakukan sosialisasi Netralisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilukada, dan Pemilihian Umum (Pemilu). Sosialisasi ini yang diadakan di Lec. Kartika Kota Metro, Rabu (14/03/18).

Selaku Plt Kesbangpol Kota Metro Nur Elman dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Rakor Pemkot Metro pada Bulan Maret, sekaligus kegiatan dari Kesbangpol dengan maksud, untuk meningkatkan pengetahuan para peserta, tentang peraturan terkait netralitas ASN.

“Kegiatan ini juga bertujuan, agar ASN tetap menjaga netralitasnya, tidak melanggar peraturan perundangan tentang Pemilu dan Pemilukada, serta untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Pemilihan Gabernur dan Wakil Gebenur Lampung 2018 dan Pemilihan Umum tahun 2019 kedepan,” terang Plt Kesbangpol.

Tambahnya, ia memaparkan bahwa, kegiatan ini akan diikuti sebanyak 300 peserta yang berasal dari para pejabat Pemerintah Kota Metro, dengan dibagi menjadi 2 tahap dan dinarasumberi oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum , BKPSDM Dan Panwaslu Kota Metro .

“Dimana tahap pertama berlangsung pada hari ini Rabu 14 Maret dengan peserta para staf Ahli, Asisten, Kepala dan Sekretaris OPD. Kemudian pada tahap 2, akan dilaksanakan pada 22 Maret dengan peserta terdiri dari pejabat eselon IV di Lingkungan Pemerintah Kota Metro,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Metro Achmad Pairin menghimbau kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, terlebih terkait dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS dalam rangka penyelenggaraan Pemilukada serentak Tahun 2018 dan Pemilihan Umum pada tahun 2019.

“Saya rasa kegiatan ini sangat diperlukan terkait penetralitasan para ASN yang tidak boleh berpolitik namun mereka juga mempunyai hak pilih. Terlebih kepada Bawaslu, saya berharap dapat menjelaskan secara rinci terkait rambu-rambu yang diperbolehkan dan tidaknya terkait tentang netralitas untuk para ASN, khusunya di Kota Metro,” ungkap Walikota Metro sebelum membuka kegiatan ini.

Pada kesempatan yang sama, tampak hadir Wakil Walikota Metro Djohan, Kapolres Metro AKBP Umi Fadilah Astutik, Sekretaris Daerah Kota Metro A. Nasir AT, Komisaris KPU.

(Ade Embun)

Tinggalkan Komentar Anda