Keterbatasan Jumlah Tenaga Teknis Jadi Alasan Lambatnya Perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Metro

412
Keterbatasan Jumlah Tenaga Teknis Jadi Alasan Lambatnya Perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Metro
Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Metro yang berlokasi di Jalan AH Nasution / No 44 / Telpon 0725-47960

Sebatin.com, Kota Metro – Ketersedian akan fasilitas Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dan penerangan lampu pertamanan di Kota Metro masih dikatakan belum memadai. Pasalnya dari jumlah ideal yang direncanakan sebanyak 8000 titik lampu penerangan, baru terpenuhi sebanyak 3018 titik lampu yang telah terpasang.

Kabid Penerangan dan Kawasan Permukiman Kota Metro, Suhada mewakili Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Metro, Edwin Sony menjelaskan, bahwa 3018 titik lampu yang telah terpasang tersebut, diantaranya terdiri dari LPJU sejumlah 2739 titik, lampu HM/Hexagonal 197 unit dan lampu penerangan taman sebanyak 82 unit.

“Idealnya titik lampu untuk semua kategori sekitar 8000 titik dan sampai saat ini masih berjumlah 3018 titik lampu. Per Januari 2017 khusus LPJU yang mati berjumlah 4 persen yaitu 164 titik. Sudah kita tindak lanjuti tetapi belum semua. Dan untuk perawatan terus berjalan, untuk jenisnya kita pakai lampu konvensional dan tipe LED”, terang Suhada, Senin (3/7/2017).

Dirinya juga menambahkan bahwa ada penambahan jumlah titik lampu jalan yang merupakan usulan dari hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrebang). Untuk pelaksanaanya akan dilihat mana yang lebih menjadi skala prioritas.

“Misalkan dari warga ada mengusulkan untuk penambahan lampu jalan sebanyak 10 titikt, maka kita akan lihat dari tingkat keramaian serta tingkat kerawanannya dulu. Salah satu contohnya, warga Banjarsari Kecamatan Metro Utara yang mengusulkan penambahan lampu penerangan di Jalan Dewi Sartika. Setelah kita survey disana tidak ada rumah, ya tidak kita berikan. Karena harus membangun tiangnya juga”, jelasnya.

Lanjutnya, untuk melaksanakan perawatan fasilitas penerangan lampu jalan dan taman tersebut, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Metro, saat ini didukung oleh 11 orang tenaga teknis.

“Dari sekian ribu unit lampu penerangan umum yang terpasang di Kota Metro, kami hanya dapat mengandalkan 11 orang petugas teknis. Mereka terdiri dari 4 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), 6 tenaga kontrak dan 1 orang Kasi. Saat Hari Raya Idul Fitri 1438 H kemarin, secara teknis pekerjaan perawatan kita buat jadwal piket untuk menangani lampu-lampu yang mati”, paparnya.

Tambahnya, Ia juga berharap kepada seluruh warga Kota Metro, untuk dapat ikut serta berperan melaporkan kepada para petugas teknis penerangan jalan dan taman Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Metro jika ada lampu-lampu yang kondisinya rusak atau mati. Dengan cara melaporkannya ke pamong-pamong atau kelurahan setempat, atau secara langsung datang ke kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Metro yang berlokasi di Jalan AH Nasution / No 44 / Telpon 0725-47960.

(S02)

Tinggalkan Komentar Anda