Ketua HPKLM : Kami Pilih Paidjo (Pairin –Djohan) Karena Ingin Tetap Bisa Berdagang

265
Kami-Pilih-Paidjo-(Pairin-–Djohan)-Karena-Ingin-Tetap-Bisa-Berdagang-01
Ribuan pedagang yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Kaki Lima Kota Metro (HPKLM) mendatangi kantor Pemerintah Kota Metro, Senin (23/10/2017). Foto Rani, Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Ribuan pedagang yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Kaki Lima Kota Metro (HPKLM) mendatangi kantor Pemerintah Kota Metro, Senin (23/10/2017). Kedatangan mereka menuntut Walikota Metro Achmad Pairin agar meraka tidak memindahkan lokasi berdagang yang selama ini telah meraka tempati.

Diketahui, para pedagang yang tergabung dalam HPKLM ini merupakan pedagang yang berdagang di seputaran Jalan Agus Salim, Jalan Cut Nyak Dien, lorong Kopindo dan Cenderawasih juga Metro Mega Mall, serta Pasar Cenderawasih (lokasi eks kebakaran), terakhir adalah pedagang sekitaran Terminal Kota Metro juga Nuban Ria.

Pantauan di lapangan unjuk rasa berawal dari Jalan Imam Bonjol depan Pasar Cendrawasih menuju Kantor Pemerintah Kota Metro yang kemudian dilanjutkan ke Kantor Kejaksaan Negeri Metro.

Dalam orasinya Ketua HPKLM Azwan Syairulloh menyatakan, menolak tegas dengan alasan apapun untuk dipindahkan ke lantai atas Pasar Cendrawasih dan pasar Kopindo karena bisa dipastikan tidak laku dan tidak ada pengunjung atau pembeli yang bersedia naik ke atas.

Selanjutnya mereka meminta tetap berdagang ditempat semula. Untuk saat ini mereka bersedia ditata di tempat dagang sekarang, dan meminta untuk menghentikan surat dari Dinas Perdagangan dengan nomor 053/398/D.18.03/2017 tentang pengosongan kios di lorong Cendrawasih dan Mega Mall. Sehingga ia meminta agar Kepala Dinas Perdagangan segera diganti.

“Saya selaku ketua tim pemenangan Paidjo kecewa dengan Paijo. Katanya setiap ada permasalahan berkaitan dengan pasar, pedagang akan diajak berembuk, namun nyatanya tidak. Kami pilih Paidjo karena kami ingin tetap bisa berdagang,” tandasnya.

Kami-Pilih-Paidjo-(Pairin-–Djohan)-Karena-Ingin-Tetap-Bisa-Berdagang-02
Walikota Metro Achmad Pairin bersedia menemui dan menanggapi aspirasi para pedagang. Foto : Rani, Sebatin.com

Di waktu yang sama, Walikota Metro Achmad Pairin bersedia menemui dan menanggapi aspirasi para pedagang. Achmad Pairin, menjelaskan bahwa tugas pemerintah daerah adalah memberikan pelayan kepada masyarakat. Salah satunya seperti masalah pasar yang diupayakan agar bisa berfungsi selayaknya pasar. Ini seperti menyediakan lahan parkir, lorong untuk pembeli, tempat berjualan yang layak, keberadaan WC dan tempat penampungan sampah.

“Jika Pasar sudah berfungsi seperti selayaknya pasar maka dapat bermanfaat untuk semua masyarakat Kota Metro. Kami harap ada tempat jualan yang layak, baik bagi pedagang kaki lima dan pedagang lainnya. Jika pasar telah berfungsi seperti layaknya pasar maka tujuannya adalah untuk mensejahterakan semua masyarakat. Jadi bukan hanya sepihak,” pungkasnya.

(rani)
Editor : Embun

Tinggalkan Komentar Anda