KLA di Kota Metro Masih Tahap Penilaian

336
KLA di Kota Metro Masih Tahap Penilaian
Kepala DP3APPKB Erla Adrianti. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Kota Layak Anak (KLA) yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Metro saat ini masih dalam tahap pengumpulan data untuk penilaian ke Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Erla Adrianti mengatakan, saat ini DP3APPKB sedang mengumpulkan berkas-berkas dari satker terkait yang berisi indikator-indikator pendukung KLA yang ditetapkan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Pemerintah Kota Metro sudah menuju ke arah sana. Kita sudah akan mengikuti penilaian apakah Kota Metro layak menjadi Kota Layak Anak (KLA). Kita kirim berkas lewat internet dengan melampirkan bukti pendukung berupa foto. Jadi, sudah tidak menggunakan kertas lagi untuk laporan,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam penialain tersebut, dari beberapa indikator yang ditetapkan sudah dilengkapi oleh dinas-dinas terkait.

“Jadi, syarat atau untuk mendukung KLA di setiap satker harus dipenuhi. Seperti di Dinas Kesehatan adanya peraturan tentang pemberian ASI eksklusif bagi anak-anak dan lainnya. Berkas semua sudah terkumpul tapi masih dikoreksi,” jelasnya.

Ditambahkan Erla, nantinya jika dalam penilaian tersebut Kota Metro mendapat nilai 500, maka Kota Metro layak menjadi KLA.

“Kita belum tahu nilainya berapa. Yang jelas kalau kita mendapat nilai 500, kita layak menjadi KLA. Memang fokus kita sebagai percontohan masih membuat Kelurahan Layak Anak (KLA) di Iringmulyo. Tapi ke depan akan kita buat Kota Layak Anak (KLA),” tambahnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda