Klub Barongsai Kota Metro Beraksi Dalam PON XIX Bandung Mewakili Provinsi Lampung

2190
Klub Barongsai Kota Metro Beraksi Dalam PON XIX Bandung Mewakili Provinsi Lampung
BVMC sedang melakukan atraksi barongsai. Foto: Ade Embun - Sebatin.com

Sebatin.com – Barongsai Vihara Metro Club (BVMC) Kota Metro akan menjadi salah satu perwakilan dari Provinsi Ĺampung pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 dalam cabang olahraga eksebisi yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.

Perlu diketahui, bahwa Pertandingan Eksebisi adalah pertandingan yang tidak terikat dalam kompetisi utama secara resmi, tujuan utama dari pertandingan eksebisi ini sendiri adalah guna mengenalkan kepada masyarakat cabang olahraga tersebut. Jika hasil evaluasi cabang olahraga tersebut baik, tidak menutup kemungkinan di Event PON yang akan datang cabang olahraga tersebut akan masuk kedalam cabang olahraga utama.

“PON bukan merupakan ajang bergengsi yang pertama bagi kami, sebelumnya kami pernah mengikuti kejuaraan Internasional di Mall Alam Sutera, Tangerang. Kejuaraan itu diikuti oleh 6 negara dan dalam kesempatan itu kami mendapat peringkat ke-7. Menjelang Ajang PON XIX, kami terus melakukan persiapan dengan melakukan latihan selama 3 jam pada setiap harinya di Vihara Kota Metro,” ungkap Budi Setiawan selaku Ketua BVMC Kota Metro.

Dalam waktu yang bersamaan Ketua BVMC ini juga mengutarakan harapannya kepada Pemerintah Kota Metro.

“Harapan kami adalah walaupun cabang olahraga ini masih masuk dalam cabang eksebisi, namun kami ingin pemerintah bisa melihat dan men-support secara penuh. Agar kedepannya cabang olahraga Barongsai ini bisa menjadi cabang olahraga resmi yang dipertandingan dalam ajang PON yang akan datang”.

Selain BVMC yang akan berlaga di kategori tradisinal dan halang rintang, Provinsi Lampung juga akan mengirim kelompok barongsai Suaka Insan dari Bandar Lampung yang akan berlaga pada kategori Taoulu bebas dan kecepatan.

Masing-masing klub akan memberangkatkan 10 orang yang terdiri dari 2 orang pemain naga barongsai, 6 orang pemain musik pengiring, 1 orang manager, dan 1 orang assisten manager. Dijadwalkan mereka akan bertanding pada tanggal 23-24 September 2016 di GOR Padjajaran tepatnya di Jl. Pajajaran No.37, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. (Ade Embun)

Tinggalkan Komentar Anda