Kolesterol Tinggi Berbahaya Bagi Tubuh

579
Kolesterol Tinggi Berbahaya Bagi Tubuh

Sebatin.com – Kolesterol merupakan senyawa lembek yang mengandung lemak sterol diproduksi oleh hati ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam darah. Kolesterol itu sendiri dibutuhkan didalam tubuh manusia untuk membantu memperbaiki sel-sel agar bisa berfungsi secara normal.

Dalam tubuh manusia terdapat 2 jenis kolesterol (LDL) yang sering disebut dengan kolesterol jahat dan (HDL) yang disebut kolesterol baik. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan pola hidup yang tidak sehat dapat memicu kolesterol menjadi tinggi.

Kadar kolesterol dalam darah yang tinggi akan berbahaya bagi tubuh, dimana kolesterol yang berlebihan mengenendap pada dinding arteri akan menyebabkan aliran darah menuju jantung, otak, dan organ tubuh lainya menjadi terhambat.

Hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya serangan jantung koroner dan stroke. Adapun gejala awal kolesterol seseorang meningkat biasaya sesesorang akan mengalami kesemutan, rasa sakit pada bagian sendi, dan merasakan kepala pusing.

Dengan demikian sangat penting melakukan pemeriksaan darah jika seseorang sudah mengalami gejala-gejala diatas, agar sedini mungkin dapat terhindar dari serangan jantung dan stroke. Perlu kita ketahui bahwa dengan melakukan pola hidup sehat dan rutin berolah raga dapat menstabilkan kolesterol darah didalam tubuh. (Ari)

Tinggalkan Komentar Anda