Komisi II DPRD Kota Metro Persoalkan Penahanan Ijazah Oleh Sekolah

274
Gedung DPRD Kota Metro
Gedung DPRD Kota Metro

Sebatin.com, Kota Metro – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro melalui Komisi II meminta sekolah baik itu Negeri maupun Swasta untuk tidak menahan ijazah, karena belum atau tidak membayar iuran. Ini, menyusul masih adanya sekolah di Bumi Sai Wawai yang menahan ijazah lantaran siswa belum membayar iuran.

Anggota Komisi II DPRD Kota Metro, Priyatmoko menjelaskan tidak ada alasan bagi pihak sekolah untuk menahan ijazah, terlebih dalam Peraturan Pemerintah No 48 Tahun 2008 sudah jelas diatur bahwa pungutan atau sumbangan pendanaan pendidikan harus memenuhi ketentuan, tidak boleh dikaitkan dengan persyaratan akademik untuk penerimaan peserta didik, penilaian hasil belajar peserta didik, dan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

“Makanya itu sekolah negeri maupun swasta tidak boleh menahan ijazah siswa. Kan di PP itu sudah jelas kalau pungutan itu tidak atau sumbangan itu tidak diperbolehkan berkaitan dengan persyaratan pendidikan, penilaian maupun kelulusan perserta didik,” jelasnya. Selasa (19/9/2017).

Lanjutnya, bahwa Komisi II dalam waktu dekat akan mengecek apakah sekolah di Bumi Sai Wawai masih ada yang menahan ijazah siswanya, kami akan pertanyakan alasan penahanan ijazah bahkan kalaupun dipandang perlu akan memanggil pihak sekolah, ringkasnya.

(Adv)

Tinggalkan Komentar Anda