Kota Metro Akan Tambah 2 Ribu Unit Lampu Penerangan Jalan Umum

359
Kota Metro Akan Tambah 2 Ribu Unit Lampu Penerangan Jalan Umum
Musrenbang Kota Metro di Wisma Haji Metro Pusat, Rabu (1/3/2017). Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Metro rencananya akan ditambah 2 ribu unit. Di mana, Kota Metro saat ini memiliki LPJU sebanyak 2.673 unit yang tersebar di seluruh wilayah Kota Metro.

Wali Kota Metro Achmad Pairin menjelaskan, kebutuhan LPJU di Kota Metro sendiri jika dihitung secara menyeluruh, membutuhkan sekitar 8 ribu unit LPJU.

“Jadi kekurangan penerangan ini masih 5 ribu sekian. Maka perlu untuk ditambah dan otomatis bertambah lagi jika jalur dua sudah dibangun. Dan kami sudah bicarakan dengan pihak ke tiga. Sudah ada yang bersedia memberi hutang ke Pemkot Metro untuk 2 ribu unit LPJU tanpa bunga,” jelasnya usai Musrenbang Kota Metro di Wisma Haji, Rabu (1/3/2017).

Penambahan 2 ribu unit LPJU ini, terus Pairin, direncanakan terealisasi pada 2017 ini. Namun, penambahan LPJU tersebut tidak langsung 5 ribu unit. Karena menurutnya 2 ribu Unit LPJU tersebut sudah maksimal. Di samping itu, untuk pembangunan yang berkesinambungan, seperti perbatasan kabupaten kota, adalah kewenangan pemerintah provinsi.

“Makanya kami mengusulkan pembangunan jembatan ke Pemprov dan pembangunan jalannya nanti APBD Kota Metro. Tinggal hasilnya nanti berdasarkan skala prioritas,” terusnya.

Sementara, Plt. Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo mengatakan, untuk usulan yang tidak bisa dibiayai oleh APBD Kota Metro, maka akan diusulkan agar dibiayai dengan APBD Provinsi.

“Jembatan yang dibahas adalah jembatan yang berbatasan antara kelurahan Yosodadi Metro Timur menuju Batanghari Lamtim. Namun lokasi jembatan tersebut tidak strategis bagi Pemprov, makanya belum dibangun-bangun. Padahal ada pusat pendidikan. Oleh sebab itu, kami akan usahakan itu agar dibangun,” katanya.

Di tempat yang sama, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Suliyanto mengaku, pihak Pemprov Lampung akan mengupayakan terkait antisipasi banjir di Metro. Salah satunya, melalui normalisasi sungai, penambahan tanggul dan pengerukan sungai.

“Dan untuk penambahan 2.000 unit LPJU juga akan kami upayakan. Mengingat kebutuhan LPJU di Metro membutuhkan 8 ribu unit LPJU,” pungkasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda