Di Kota Metro Bagi Pasangan yang Mau Menikah Wajib Tanam 5 Batang Pohon

395
Kota Metro: Bagi Pasangan yang Mau Menikah, Wajib Tanam 5 Batang Pohon
Wali Kota Metro Achmad Pairin saat memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016 di Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara Selasa (13/12/2016). Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro terus berupaya untuk melakukan penghijauan di Bumi Sai Wawai sekaligus mendukung program satu miliar pohon. Salah satunya yakni mewajibkan bagi pasangan yang hendak menikah untuk menanam 5 batang pohon.

Hal ini, dikatakan Wali Kota Metro Achmad Pairin dalam Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016 di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, Selasa (13/12/2016).

”Kalau program nasional kan setiap masyarakat diwajibkan menanam 25 batang pohon selama hidup. Kalau program Kota Metro setiap pasangan yang akan melaksanakan akad nikah wajib menanam 5 pohon. Tetapi selain menanam yang lima tadi juga harus menanam lagi, karena diwajibkan menanam 25 batang pohon bagi setiap masyarakat selama hidup,” paparnya.

Untuk pohon yang harus ditanam, terus Pairin, pasangan yang akan melangsungkan akad nikah itu sendiri yang menentukan.

”Terserah yang penting pohon. Dan mau ditanam di mana, silahkan ditanam di mana saja,” terusnya.

Lebih lanjut, Pairin menjelaskan, sekarang ini diharapkan partisipasi masyarakat. Pasalnya, jika semua diberikan oleh pemerintah masyarakat tidak akan bisa berbuat.

”Kalau subsidi, pemerintah akan anggarkan. Jadi tidak kita anggarkan, karena yang kita harapkan partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Metro Djohan juga menambahkan, selain menanam juga harus dirawat. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja tanpa dirawat, pohon tersebut tidak akan bisa tumbuh besar.

”Jadi harus dipelihara juga. Karena apapun dia, ketika program itu baik, tanpa ada yang memeliharanya, itu tidak akan ada artinya,” tambah Djohan.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda