KPUD Metro Siap Launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) AR Prawiranegara

511
KPUD Metro Siap Launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) AR Prawiranegara 01
Komisioner KPU Metro Divisi SDM dan Peningkatan Partisipatif Masyarakat Agus Riyanto, di ruang RPP AR Prawiranegara, Jumat (07/04/2017). Foto : Ade Embun - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Metro dalam waktu dekat ini akan meresmikan dan menjalankan pengelolaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) AR Prawiranegara, yang merupakan bentuk realisasi dari kegiatan Kaji Banding seluruh Komisioner KPUD Metro ke KPUD Yogyakarta dan Sleman, yang dianggap berprestasi pada penyelenggara pesta demokrasi di pulau Jawa dalam pengelolaan RPP, beberapa waktu lalu.

Hal ini dilakukan guna memberikan pembelajaran tentang kesadaran berpolitik, guna meningkatkan partisipasi dan kecerdasan pemilih di Bumi Sai Wawai.

KPUD Metro Siap Launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) AR Prawiranegara 02
Ketua KPUD Metro Drs. Sukatno, SP (kiri) bersama Komisioner KPU Metro Divisi SDM dan Peningkatan Partisipatif Masyarakat Agus Riyanto (kanan). Foto : Ade Embun – Sebatin.com

Komisioner KPU Metro Divisi SDM dan Peningkatan Partisipatif Masyarakat Agus Riyanto menjelaskan, RPP merupakan program Nasional KPU RI. Yang bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pemilu, demokrasi, dan proses pemungutan suara.

”Akhir April 2017 ini rencananya Rumah Pintar Pemilu (RPP) AR Prawiranegara akan diresmikan. Disini masyarakat bisa membaca buku pengetahuan tentang pemilu, melihat video proses pemilu yang sudah kami abadikan, serta mengikuti simulasi pencoblosan. Dan petugasnya adalah kami Tim pemberi informasi dari KPU”, jelasnya di ruang RPP AR Prawiranegara, Jumat (07/04/2017).

KPUD Metro Siap Launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) AR Prawiranegara 03
Ruang RPP AR Prawiranegara. Foto : Ade Embun – Sebatin.com

Lanjutnya, Ruang RPP AR Prawiranegara mempunyai daya tampung 25-30 pengunjung, dan akan beroperasi mulai pukul 08.00 Wib – 15.00 Wib pada hari kerja.

”Teknisnya bagi institusi atau kelompok yang ingin mengunjungi RPP AR Prawiranegara diminta untuk mengirimkan terlebih dahulu surat permohonan berkunjung agar kami dapat menyiapkan perlengkapan terlebih dahulu. Jadi, peralatan untuk simulasi pencoblosan, seperti bilik suara atau kertas suara akan kita siapkan di Aula. Namun, jika personal, tidak perlu, cukup datang saja di waktu yang sudah ditentukan. Silahkan membaca koleksi buku di RPP atau berdiskusi dengan tim kami”, terang Agus Riyanto.

Tutupnya, barometer dari susksesnya penerapan program RPP tersebut nantinya dapat dilihat, salah satunya dari jumlah persentase partisipasi pemilih. Dan kesulitan penilaiaan akan terlihat pada kualitas pemilih itu sendiri.

”Yang sulit itu melihat tingkat kualitas pemilih, harus ada penelitian dulu, apa faktor pemilih berpartisipasi. Namun, jika dibandingkan pemilu 2010, partisipasi pemilih pada pemilukada di 2015 meningkat. Dari sebelumnya 75 persen, menjadi 78 persen. Kami harap dengan berdirinya RPP ini mampu menambah partisipasi pemilih di Kota metro”, beber Agus.

(Ade Embun)

Tinggalkan Komentar Anda