Kuatkan Pembangunan di Sektor Pendidikan, Chusnunia Chalim Bawa Kabupaten Lampung Timur Pada Kemapanan Yang Berkeadilan dan Berkerakyatan

357
Kuatkan Pembangunan di Sektor Pendidikan, Chusnunia Chalim Bawa Kabupaten Lampung Timur Pada Kemapanan Yang Berkeadilan dan Berkerakyatan 01
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim (kiri) dan Wakil Bupati Zaeful Bokhari

Sebatin.com, Sukadana – Kamis, 20 April 2017, Kabupaten Lampung Timur memasuki usia yang ke-18. Di usianya yang masih remaja ini, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur semakin giat, melaksanakan pembangunan dalam segala bidang untuk mencapai kemapanan yang berkeadilan dan berkerakyatan.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, saat ini, dengan segala program-programnya, juga terus berupaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta menciptakan kemandirian untuk terciptanya masyarakat yang sejahtera.
Dari berbagai program tersebut, pembangunan pada sektor pendidikan menjadi prioritas utama, karena pendidikan merupakan salah satu dasar utama untuk mencapai peningkatan taraf pendidikan, peningkatan kesejahteraan, dan terutama peningkatan taraf hidup masyarakat.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah mengupayakan berbagai program dan kegiatan pembangunan pendidikan untuk meningkatkan berbagai indikator pembangunan pendidikan. Antara lain angka melek huruf, angka partisipasi kasar (APK), angka partisipasi murni (APM), dan angka rata-rata lama sekolah. Hal ini merupakan wujud tanggung jawab sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sekaligus sebagai pelayan masyarakat untuk menjadikan Kabupaten Lampung Timur maju dan sejahtera.

Kuatkan Pembangunan di Sektor Pendidikan, Chusnunia Chalim Bawa Kabupaten Lampung Timur Pada Kemapanan Yang Berkeadilan dan Berkerakyatan 00
Grafik Perkembangan Indikator Pendidikan di Kabupaten Lampung Timur, Tahun 2014 – 2016

Dari grafik diatas, perkembangan indikator pendidikan di Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2014 – 2016 banyak mengalami peningkatan. Hal ini, tentunya tidak terlepas dari komitmen Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, atau yang akrab dipanggil Mbak Nunik, dalam meningkatkan pembangunan pendidikan.

Komitmen tersebut, terlihat dari visi dan misi Mbak Nunik sebagai kepala daerah yaitu “Terwujudnya Masyarakat Lampung Timur Yang Aman, Mandiri, Sejahtera, Berakhlak Mulia Melalui Peningkatan Perekonomian Berbasis Agribisnis/Pertanian Berkelanjutan dan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Berpihak Kepada Kepentingan Rakyat”. Visi tersebut didukung dengan misi Mbak Nunik, yaitu :

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur fisik, ekonomi dan sosial.
  2. Mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis kearifan lokal.
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi sumber daya daerah berbasis pemberdayaan masyarakat, pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
  4. Mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat.
  5. Mewujudkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan dasar lainnya.
  6. Mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance).
Kuatkan Pembangunan di Sektor Pendidikan, Chusnunia Chalim Bawa Kabupaten Lampung Timur Pada Kemapanan Yang Berkeadilan dan Berkerakyatan 02
aktifitas dan geliat pendidikan anak-anak Lampung Timur yang terus maju dan berkembang.

Misi dibidang pendidikan yaitu misi ke-5 : Mewujudkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan dasar lainnya. Dengan misi tersebut banyak program dan kegiatan dilaksanakan dibidang pendidikan, antara lain:

  1. Peningkatan prasarana pendidikan, berupa pembangunan ruang kelas dan rehabilitasi ruang belajar pada semua jenjang pendidikan.
  2. Peningkatan Mutu dan Akses Pendidikan, melalui penyediaan alat peraga pendidikan, alat permainan edukatif, dan pelatihan tenaga pendidik.
  3. Peningkatan Kesejahteraan Guru Honor Murni.
  4. Pendidikan Non Formal, dengan melaksanakan kelompok belajar paket A, B, dan C, serta pelatihan kecakapan hidup dan keaksaraan.
Kuatkan Pembangunan di Sektor Pendidikan, Chusnunia Chalim Bawa Kabupaten Lampung Timur Pada Kemapanan Yang Berkeadilan dan Berkerakyatan 03
Pembangunan Pendidikan pada sektor fisik di Lampung Timur terus berbenah maju.

Saat ini, Kabupaten Lampung Timur memiliki 865 sekolah pada jenjang PAUD, 563 SD, 164 SMP, 44 SMA, dan 56 SMK. dengan jumlah guru mencapai 3.698 orang dijenjang PAUD, 6.424 orang jenjang SD, 2.538 orang jenjang SMP, 1.036 orang jenjang SMA, dan 972 orang pada jenjang SMK. Dengan potensi sekolah dan tenaga pendidikan sebanyak itu, diperlukan pengelolaan yang baik dan anggaran yang memadai.

Berdasarkan data BPS, angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Lampung Timur baru mencapai 7,16 tahun. Artinya masyarakat Lampung Timur rata-rata baru mengenyam pendidikan sampai jenjang SMP kelas satu.

Hal ini menjadi perhatian bagi semua pihak, sehingga untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melakukan berbagai upaya, antara lain dengan memprioritaskan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, melalui :

  • Penyediaan beasiswa sekolah bagi pelajar pada jenjang pendidikan dasar.
  • Penambahan ruang kelas sekolah di jenjang SMP untuk menambah daya tampung peserta didik.
  • Peningkatan pendidikan non formal, khususnya kelompok-kelompok belajar Paket A dan B.

Demikian pula dengan indikator Angka melek huruf, yang pada tahun 2016 baru mencapai 95,07. Hal ini berarti masih terdapat masyarakat Lampung Timur yang masih buta huruf sebanyak 4,93%. Meskipun angka ini meningkat dari tahun 2011 di angka melek huruf yaitu sebesar 94,30, tetapi perlu dilakukan upaya peningkatan angka melek huruf.
Yakni dengan cara melakukan pelatihan keaksaraan bagi warga yang masih buta huruf terutama bagi masyarakat berusia tua yang saat masih muda tidak atau belum mengenyam pendidikan formal.

Kuatkan Pembangunan di Sektor Pendidikan, Chusnunia Chalim Bawa Kabupaten Lampung Timur Pada Kemapanan Yang Berkeadilan dan Berkerakyatan 04
Dengan fasilitas yang nyaman, pendidikan di Lampung Timur terus bergerak menuju kemapanan.

Dibidang ketenagaan, saat ini jumlah pendidik yang telah bersertifikat pendidik sudah mencapai 81,89% dari sekitar 5.842 orang guru PNS yang ada di Kabupaten Lampung Timur. Diharapkan sampai tahun 2021 sesuai RPJMD Kabupaten Lampung Timur, guru yang bersertifikat dapat mencapai lebih dari 90%. Hal ini untuk menjamin kualitas pendidikan di Kabupaten Lampung Timur.

Kedepan diharapkan, semakin bertambahnya usia Kabupaten Lampung Timur, maka semakin tinggi pula kesejahteraan masyarakatnya. Oleh karena itu, pendidikan sebagai dasar utama pembangunan manusia yang merupakan subyek dalam menjalankan pembangunan dapat selalu menjadi prioritas utama untuk memajukan daerah dan masyarakat Kabupaten Lampung Timur menuju aman, mandiri dan sejahtera yang kita harapkan bersama. (Reza)

Tinggalkan Komentar Anda