Lanud Pattimura Pecahkan Rekor MURI Paralayang

158
Atlet Paralayang Lanud Pattimura berhasil mencetak Rekos Muri. Foto : Istimewa

Sebatin.com, Ambon – Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P. Mongan, S.T., M.Hum., M.Han. beberapa waktu lalu membuka event perdana Olahraga Dirgantara (Ordirga) Paralayang di Pesisir Pantai Hori Kampung Seri, Nusaniwe, Ambon.

Event ini merupakan yang pertama kalinya penyelenggaraan Olahraga Dirgantara (Ordirga) khususnya Paralayang di Kota Ambon. Bertepatan dengan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Komandan Lanud (Danlanud) Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P. Mongan, S.T., M.Hum., M.Han. yang merupakan penggagas event ini, mendeklarasikan Wisata Dirgantara Paralayang Airlouw (Flying High For Maluku) dan berhasil memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia dengan pemecahan rekor “Terbang Paralayang Pertama Dengan Sasaran Mendarat Di Ponton”.

Dalam sambutannya, Walikota Ambon yang diwakili oleh A.G Latuheru SH., M.Si Sekretaris Kota Ambon, menghimbau kepada seluruh jajaran Forkopimda Kota Ambon untuk mengucapkan terimakasih, dan apresiasi atas terciptanya gerakan perdana Ordirga.

“Event yang digagas oleh Danlanud Pattimura ini, sangat membantu dalam mewujudkan dan memajukan pariwisata Kota Ambon,” Ujar Latuheru.

Lebih lanjut, Walikota Ambon berharap, acara ini akan terus berlanjut. Bahkan, ia mengaku akan masuk dalam organisasi ini.

“Saya mendukung penuh acara kegiatan ini, acara ini kesempatan yang sangat bagus untuk ke depannya di Provinsi Maluku/Kota Ambon,” tuturnya.

Sementara itu, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P. Mongan, S.T., M.Hum., M.Han. dalam sambutannya mengatakan bahwa, sesuai Undang-Undang No. 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, komponen utama pertahanan negara di Dirgantara, TNI AU mempunyai tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara serta kekuatan pendukungnya secara dini.

Menurutnya, tugas tersebut sejalan dengan konsep sistem pertahanan semesta, dimana upaya pembinaan dan pengembangan potensi ke-dirgantara-an, diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan serta kegiatan dan tindakan untuk memberdayakan potensi nasional. Dengan begitu, Danlanud akan menjadi kekuatan pertahanan Negara di Dirgantara, yang diarahkan pada bentuk komponen cadangan, komponen pendukung Matra udara, dan sekaligus membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Memulai kegiatan ini, kedepan saya berharap Ordirga di Kota Ambon benar-benar membumi, dan banyak masyarakat yang menggeluti dan menekuni Ordirga. Demikian juga, di semua provinsi, dengan jadwal kegiatan latihan maupun kejuaraan, dapat dilaksanakan secara rutin dan bersinambungan,” ungkap Danlanud Pattimura.

Dalam rangkaian acara paralayang ini, juga terlaksana beberapa kegiatan tambahan, yakni, penyambutan rombongan Atlet Paralayang dengan Tarian Adat serta Kain Gandong oleh masyarakat adat Dusun Seri, Tarian adat Sauremareka, dari sanggar TK YPPK dan Tarian Reka-reka.

Selain itu, dilaksanakan juga penyematan pin perwakilan 5 orang Atlet oleh Danlanud Pattimura, penyerahan prasasti oleh Danlanud Pattimura kepada Dusun Airlouw dan Dusun seri yang diterima oleh perwakilan Walikota Ambon, Pembacaan SK pengurusan Fase Paralayang 5 tahun kedepan oleh Rektor Unversitas Pattimura, Pembacaan Museum Rekor dunia oleh Awan Rahargo selaku Manager MURI.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan event Paralayang ini yakni, Sekkot Ambon A.G Latuheru SH., M.Si yang mewakili Walikota Ambon, Rektor Universitas Pattimura, Perwakilan Kodam XVI/Ptm, Perwakilan Kapolda Maluku, Perwakilan Lantamal IX Ambon, Perwakilan Kabinda Maluku, Perwakilan Kajati Maluku, Wakapolsek Urumessing Ipda C. Ritawaimahu, Kepala Dusun/Kepala Sowa, Awan Rahargo selaku Manager Museum Rekor-Dunia Indonesia, Kepala Airnav Ambon, Ground Handling PTN Bandara, seluruh anggota Lanud Pattimura.

(Pen. Lanud Pattimura)
Editor : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda