Lestarikan Budaya Lampung, UBALA ITB Gelar Pentas Seni Budaya di Bandung

12
Lestarikan Budaya Lampung, UBALA ITB Gelar Pentas Seni Budaya di Bandung 01
Mahasiswa-Mahasiswi Bandung asal Lampung saat membawakan Tari Bedana Lunik, di Asrama Mahasiswa Lampung, di Bandung.

Sebatin.com, Bandung – Berupaya untuk peduli, dan ikut serta melestarikan kebudayaan daerah Lampung. Sekumpulan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) asal Lampung yang ada dalam wadah Unit Budaya Lampung ( UBALA) menggelar kegiatan pentas seni dan budaya dalam acara malam keakraban mahasiswa baru, di Asrama Mahasiswa Lampung, yang berada di Jalan Hasanudin, Bandung, Minggu (13/10/19).

Ketua Pelaksana Pagelaran, M Rafli Zamzami, menjelasakan, bahwa kegiatan pagelaran seni budaya Lampung ini merupakan kegiatan yang sudah berlangsung rutin setiap tahunnya.

Sementara itu, Ketua UBALA ITB, Ilham Hasfi Ridho Oktafian menjelaskan, bahwa tujuan kegiatan ini guna mengenalkan, melestarikan, dan mengembangkan kebudayaan Lampung di Bandung, dan membangkitkan semangat pergerakan kebudayaan Lampung di kalangan mahasiswa, serta sebagai wadah silaturahmi antar anggota UBALA ITB, maupun dengan pihak eksternal.

Dilanjutakan oleh Syafrial, Pengurus Lampung Sebuai yang ikut dalam kegiatan ini juga mengatakan, bahwa kegiatan itu sangat positif, sebagai hal untuk mempererat persaudaraan dan kesatuan mahasiswa Lampung dirantau. “Harapannya organisasi-organisasi UKM kemahasiswaan yang ada dikampus dapat merevitalisasi menjadi organisasi yang dapat memberikan kontribusi positif bagi Lampung dengan lebih kreatif,inovatif dan energik”, ujarnya.

Lestarikan Budaya Lampung, UBALA ITB Gelar Pentas Seni Budaya di Bandung 02
Mahasiswa-Mahasiswi asal Lampung yang mengenai pendidikan di Bandung

Dalam acara itu disajikan penampilan beberapa tarian tradisional Lampung, seperti Tari Bedana Lunik, yang mencerminkan tata hidup masyarakat Lampung sebagai perwujudan simbolis adat istiadat agama dan tata nilai lain yang telah menyatu dengan kehidupan masyarakat dalam mengungkapkan bahagia, gembira dan rasa syukur. Kemudian Tari Tuping , yang menggambarkan keanekaragaman budaya Lampung dengan lengkap dalam satu kesatuan yang menghibur pengunjung.

Turut hadiri dalam kegiatan itu sejumlah elemen mahasiswa-mahasiswa perguruan tinggi lainya, dan jajaran pengurus Forum Pelajar Mahasiswa Lampung (Forpemal), serta Pengurus Lampung Sebuai. (Rls)

Tinggalkan Komentar Anda