Lewat Website Resmi Anggaran DKI ‘Terselamatkan’, Bagaimana Dengan Kota Metro?

243
Beranda Website resmi DPRD Kota Metro.

Sebatin.com, Metro – Masyarakat berhasil mengevaluasi R-APBD DKI melalui website resminya apbd.jakarta.go.id. Bahkan, ada beberapa pos anggaran yang dianggap pemborosan, berhasil ‘terselamatkan’, seperti anggaran kunjungan kerja yang awalnya Rp 107,7 miliar menjadi Rp 64,7 miliar.

Sayangnya, keterbukaan Informasi yang diterapkan di Ibu Kota tidak pula menjadi contoh terhadap Kota Metro. Buktinya, http://dprd.metrokota.go.id/ hingga berita ini diturunkan, belum ada unggahan yang berkenaan dengan hal yang sama dari DKI, atau-pun juga mengenai program kegiatan DPRD Kota Metro.

Padahal, sebelumnya, keterbukaan informasi DPRD Kota Metro sempat dikeluhkan. Salah satu mahasiswa PGSD Unila, I Putu Setiawan mengatakan “Seharusnya mereka kan memposting kegiatan resmi. Semisal, reses, kunjungan dan kegiatan-kegiatan yang lain,”.

Mahasiswa Ini Anggap DPRD Metro Tak Mampu Memanfaatkan Website Resminya

Lebih dari itu, Putu menuturkan, jangan salahkan rakyat apabila DPRD Kota Metro mendapat stigma negatif dari masyarakat apabila tidak mampu menjelaskan pengelolaan APBD serta kegiatan resminya melalui website resmi yang sudah dibuat.

“Kalau kegiatan resmi kan seharusnya diinformasikan melalui website resminya. Kalau begini, mereka (Dewan) hanya menunjukkan kesan pencitraan.” Tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan dari anggota Dewan. Hanya saja, terdapat pernyataan resmi di website DPRD sebagai berikut :

Pernyataan DPRD Kota Metro tentang Website resminya, terkait pengelolaan dst. Sumber : http://dprd.metrokota.go.id/

Puji syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya informasi mengenai DPRD Kota Metro dapat dipublikasikan melalui website ke seluruh masyarakat luas. Melalui website ini, kami berharap dapat lebih memberikan informasi dan terutama pelayanan publik secara online, sehingga transparansi mengenai kebijakan dan realisasi terhadap pembangunan dan pengembangan Kota Metro yang di aspirasikan melalui wakil rakyat dapat diperoleh secara gamblang oleh masyarakat terutama masyarakat Kota Metro.

Melalui website ini pula,kami mengharapkan banyak masukkan bagi para wakil rakyat di kursi DPRD Kota Metro, mengenai hal apa saja yang terkait dengan pembangunan Kota Metro tercinta menjadi lebih baik, dan harapan terbesar kami adalah nantinya semua aspirasi masyarakat demi Kota Metro dapat terwujud dalam realisasi yang maksimal. 

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KOTA METRO
Ketua,

ANNA MORINDA, SE

Reporter : Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda