Lolos Ujian Tahap Satu, Ratusan Pelamar CPNS Bakamla RI Kembali Adu Kemampuan di Air

416
Ratusan-Pelamar-CPNS-Bakamla-RI-Kembali-Adu-Kemampuan-di-Air-01
Para peserta tes CPNS Bakamla RI, sedang melaksanakan seleksi tahap dua di kolam renang GOR Senen, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017). Foto : Humas Bakamla RI

Sebatin.com, Jakarta – Ratusan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla-RI) yang telah lolos pada seleksi ujian system Computer Assisted Test (CAT), berusaha kembali sekeras mungkin untuk memperebutkan beberapa formasi dan jabatan yang di butuhkan oleh Bakamla RI, dengan menunjukkan kemampuan berenang, sebagai rangkaian seleksi tahap kedua, yang dilaksanaklan di kolam renang GOR Senen, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017).

Sebelumnya, telah diumumkan pada tanggal 23 Oktober lalu, bahwa jumlah peserta yang lolos seleksi pada tahapan pertama, yaitu ujian system CAT sebanyak 507 peserta. Dan pada tahapan seleksi kedua tersebut dihadirkan pula Binjas Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) selaku tim penilai.Uji kemampuan berenang tersebut juga di bedakan dalam dua jenis, yaitu peserta wanita menempuh jarak 25 meter dan peserta laki-laki dengan jarak tempuh 50 meter. Dan kepada seluruh peserta diberikan kebebasan untuk memilih gaya bebas atau gaya dada.

Ratusan-Pelamar-CPNS-Bakamla-RI-Kembali-Adu-Kemampuan-di-Air-02
Salah satu panitia dari Binjas Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) selaku tim penilai, saat sedang memberikan pengarahan kepada para peserta. Foto : Humas Bakamla RI

Guna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pada tahapan ini, Bakamla RI juga menerjunkan tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) serta tenaga medis untuk mengantisipasi apabila didapati peserta yang tidak memiliki kemampuan berenang yang cukup dan membutuhkan pertolongan secepatnya. Sebelumnya, berdasarkan pantauan di lapangan, pada hari pertama tes berenang berjalan dengan aman dan lancar, sedangkan pada hari kedua didapati beberapa orang mengalami kram dan satu orang membutuhkan pertolongan medis.

Selanjutnya bagi para peserta yang telah melaksanakan ujian tahapan ke dua yaitu tes kemampuan renang, kemudian diwajibkan untuk mengikuti ujian psikotes yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 November mendatang.

Hadir pula dalam pelaksanaan ujian seleksi tahap kedua tersebut Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Laksamana Pertama TNI, Dr I Wayan Warka yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Panitia Ujian Seleksi tersebut, guna untuk memonitor dan memastikan kelancaran pelaksanaan ujian tersebut.

(Mayor Marinir Mardiono)
Editor : Embun

Tinggalkan Komentar Anda