Mahasiswa PTIK Mendorong Untuk Terbitkan Perda Program Ronda Lampung Tengah

137
Mahasiswa-PTIK-Mendorong-Untuk-Terbitkan-Perda-Program-Ronda-Lampung-Tengah
Saat Mahasiswa PTIK berikan cinderamata kepada Bupati Lampung Tengah Mustafa. Foto : Pur sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Tengah – Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) mendukung program ronda yang digulirkan Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Dr. Ir. Hi. Mustafa, M.H., Mahasiswa PTIK tersebut mendorong agar program ronda di Lamteng bisa diperdakan.

Ketua kelompok mahasiswa PTIK, AKP. Faris mengatakan Program ronda sudah cukup baik diselenggarakan di Lamteng. Agar dapat dilakukan berkesinambungan, kami mendorong Pak Bupati agar Perdakan program ronda. Dengan ini, siapapun pemimpinnya program ronda terus dijalankan, ujarnya.

Lanjut AKP Faris, dengan program ronda tersebut tidak hanya dijalankan dibawah kepemimpinan Bupati saat ini (Mustafa), tetapi bisa diteruskan dimasa kepemimpinan selanjutnya.

Menurutnya, selama 4 hari menjalani pengabdian masyarakat, 11 mahasiswa PTIK angkatan 72 ini melakukan penelitian atau kajian terkait efektivitas ronda terhadap keamanan di Lamteng, ujar AKP. Faris dalam laporan hasil pengabdian masyarakat mahasiswa PTIK belum lama ini.

Ditambahkannya, dari hasil data Polres Lampung Tengah, program ronda berhasil menekan angkat kejahatan 23 persen, yakni tahun 2015 kriminalitas 692 kasus, 2016 turun menjadi 634 kasus, dan hingga September 2017 yakni 527 kasus.

“Kami juga sempat wawancara ke warga terkait, tentang keamanan sebelum dan sesudah ronda. Rata-rata mereka mengakui saat ini lebih aman. Tidak ada lagi pencurian ternak, begal mulai berkurang dan tidak ada ribut-ribut antar kampung. Dengan ronda juga nemudahkan warga mendeteksi keberadaan orang baru,” jelasnya.

Kemudian, kata dia, mahasiswa PTIK juga mengapresiasi peran Babinkantibmas yang ikut aktif melakukan patroli di tiap-tiap kampung.

“Namun yang paling berbeda dari ronda di Lampung Tengah, adalah Bupatinya juga mau turun ikut ronda. Kami apresiasi sekali, karena beliau satu-satunya yang mau melakukan itu,” pungkas AKP Faris didampingi pendamping mahasiswa PTIK Kombes Yus Fadilah, SH. MM.

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa, MH menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa PTIK yang telah mengkaji program Ayo Ronda Lampung Tengah. Hasil kajian tersebut nantinya akan menjadi rujukan pemerintah dalam memperbaiki program ronda yang telah dilaksanakan.

“Tak hanya laporan, disini kami juga mendapatkan banyak masukan agar program ronda lebih baik lagi. Insya Allah, kata Mustafa, akan segera kita follow up, termasuk rencana Perda program ronda. Ini masukan yang sangat baik, dan akan kita tindaklanjuti,” tutup Mustafa.

(Pur)
Editor : Red.

Tinggalkan Komentar Anda