Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

437
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Sebatin.com – Manfaat kunyit untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi, tanaman rempah yang yang banyak tumbuh di Indonesia ini, selain sebagai penyedap rasa juga memiliki kandungan baik untuk tubuh. Kandungan tersebut berupa kurkumin, antioksidan, minyak atsiri, dan anti-inflamasi.

Kunyit (Curcuma domestica) adalah jenis tanaman rempah-rempah asli Asia Tenggara. Di beberapa daerah kunyit dikenal dengan sebutan kunir, koneng, dan konyet. Setelah diteliti ternyata tanaman ini memiliki segudang manfaat.

Adapun Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Antara lain:

Menjaga Kesahatan Lambung

Makanan yang kita makan sehari-hari tanpa kita sadari berpontensi membahayakan usus dan lambung, dengan mengkonsumsi kunyit akan menghasilkan lendir yang befungsi sebagai dinding pelindung sehingga akan mengurangi resiko sakit pada usus dan lambung.

Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit dimana seseorang mengalami masalah dengan ingatan, penilaian, dan berfikir. Kandungan anti-inflamasi dan anti oksidan pada kunyit dipercaya dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Mencegah Kangker

Kurkumin merupakan antioksidan yang terdapat pada kunyit, dimana kurkumin sendiri dapat mencegah kerusakan multi sel yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga dapat memperhambat pertumbuhan sel kangker.

Mengatasi Gatal Pada Kulit

Kandungan pada kunyit juga dapat mengobati gatal-gatal pada kulit dengan cara, kunyit yang dibersihkan lalu di parut dan ditumbuk bersama cengkeh kemudian ambil dan balurkan pada bagian tubuh yang terasa gatal.

Menghilangkan Bau Badan

Bau badan memang menjadi masalah bagi kebanyakan orang, hal ini tentunya akan menggangu. Dengan rutin meminum sari kunyit atau jamu kunyit dapat menghilangkan bau badan dari dalam tubuh. (Ari)

Tinggalkan Komentar Anda