Masjid Hidayaturrahman: Kesadaran Umat Untuk Berqurban Mulai Tertanam Dengan Baik

635
Masjid Hidayaturrahman: Kesadaran Umat Untuk Berqurban Mulai Tertanam Dengan Baik
Beberapa orang panitia qurban Masjid Hidayaturrahman sedang bersiap-siap untuk memulai acara penyembelihan hewan qurban. Foto: Ifan - Sebatin.com

Sebatin.com – Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1437 H, warga seputaran Masjid Hidayaturrahman, Yosodadi, Metro Timur, melakukan penyembelihan hewan qurban (12/09/2016).

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejak pukul 08.00 WIB panitia dan ratusan warga sekitar sudah mulai berkumpul di lokasi penyembelihan hewan qurban. Dari anak-anak hingga orang dewasa, mereka tampak begitu antusias untuk mengikuti jalannya prosesi penyembelihan hewan qurban.

Menurut informasi yang diterima Sebatin.com, jumlah hewan qurban yang diserahkan warga kepada panitia kali ini adalah 4 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

Pada pukul 08.30 WIB, acara penyembelihan hewan qurban pun dimulai. Acara diawali dengan penyembelihan seekor sapi oleh M. Shobari salah seorang takmir Masjid Hidayaturrahman. Kemudian, acara kembali dilanjutkan dengan penyembelihan 12 ekor kambing dan 3 ekor sapi lainnya.

Menurut Malindra, S.Ag. selaku sekretaris panitia qurban mengatakan, bahwa untuk qurban sapi diusung secara kolektif oleh 4 kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri atas 7 orang. Sementara itu, untuk qurban kambing diusung secara perseorangan.

“Penyembelihan hewan qurban semacam ini adalah untuk mengakrabkan ukhuwah Islamiah dan menggugah seseorang untuk bisa berqurban, terutama bagi mereka yang mempunyai kelebihan harta. Nantinya, daging qurban ini akan diberikan kepada seluruh warga di lingkungan Masjid Hidayaturrahman dan sekitarnya,” ungkap Malindra.

Masjid Hidayaturrahman: Kesadaran Umat Untuk Berqurban Sudah Tertanam Dengan Baik 2
Malindra, S.Ag. (Nomor 2 dari kiri) bersama panitia qurban Masjid Hidayaturrahman dan warga sekitar. Foto: Ifan – Sebatin.com

Kepada Sebatin.com, Malindra juga menjelaskan bahwa kesadaran umat untuk berqurban sudah mulai tertanam dengan baik.

“Untuk sistem qurbannya sendiri, ada yang perorangan, ada pula yang perkelompok, dan secara grafik telah terjadi peningkatan dari jumlah hewan qurban. Hal ini mengindikasikan, bahwa kesadaran umat untuk berqurban sudah mulai tertanam dengan baik,” terang Malindra.

Pada Idul Adha tahun ini, panitia qurban Masjid Hidayaturrahman menangani pembelian 4 ekor sapi dan 7 ekor kambing, sementara sisanya diserahkan warga secara langsung kepada panitia. (Ifan)

Tinggalkan Komentar Anda