Masjid Nurul Iman Tejoagung Budayakan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Hal Pendistribusian Daging Kurban

348
Masjid Nurul Iman Tejoagung Budayakan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Hal Pendistribusian Daging Kurban 01
Suasana pemotongan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1438 H, di Masjid Nurul Iman Tejoagung, Jumat (01/9/2017). Foto : Ade Embun

Sebatin.com, Kota Metro – Meningkatnya antusiasme masyarakat di Kelurahan Tejoagung Kecamatan Metro Timur, dalam hal mengkurbankan hewan ternaknya berupa sapi dan kambing pada perayaan Idul Adha 1438 H tahun 2017 ini, cepat disikapi oleh seluruh pengurus Masjid, Mushola dan Panitia Penyembelihan Hewan Kurban di wilayah setempat. Hal ini dilaksanakan guna tercapainya pemerataan pendistribusian daging kurban dengan memprioritaskan kepada mereka yang lebih berhak menerima.

Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Nurul Iman Tejoagung Metro Timur, Daryono, yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Takmir Masjid Nurul Iman, menjelaskan bahwa kordinasi antar beberapa Masjid dan Mushola yang ada di seputaran lingkungan Masjid Nurul Iman Tejoagung selalu dilaksanakan dalam setiap tahunnya, guna menumbuhkan rasa kebersamaan dan menjaga kearifan lokal wilayah setempat.

“Sudah enam (6) tahun ini kita selalu berkordinasi. Jadi setiap tahun, sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, para pengurus Masjid, Mushola dan para Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban berkumpul, guna bermusyawarah serta melaporkan jumlah hewan kurban yang berhasil dihimpun pada masing-masing tempat. Kemudian diteruskan dengan kordinasi pembagian wilayah pendistribusian daging kurban tersebut. Misalnya gini Mas, di Masjid atau Mushola I, pada tahun ini karena hewan korbannya banyak maka pendistribusian daging kurbanya melingkupi warga di RT A, B dan C, sedangkan di Masjid atau Mushola II hewan kurbannya sedikit, maka pendistribusian daging kurbannya hanya melingkupi warga di RT D saja. Namun di tahun depan hal itu bisa berubah tergantung jumlah hewan kurban yang berhasil di himpun di masing-masing Masjid atau Mushola”, jelasnya kepada Sebatin.com, disela-sela proses penyembelihan hewan kurban di Masjid Nurul Iman Tejoagung, Jum’at (01/9/2017).

Masjid Nurul Iman Tejoagung Budayakan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Hal Pendistribusian Daging Kurban 03
Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban dan Ketua Takmir Masjid Nurul Iman Tejoagung, Daryono, Jumat (01/9/2017). Foto : Ade Embun

Dilanjutkannya, untuk jumlah hewan kurban yang berhasil di himpun oleh Panitia Penyembelihan Hewan Kurban di Majsid Nurul Iman Tejoagung pada Hari Raya Idul Adha 1438H sebanyak 10 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

“Di tahun ini ada peningkatan untuk hewan kurban, tahun sebelumnya terhimpun 8 ekor sapi dan di tahun ini alhamdulillah terhimpun 10 ekor sapi dan 4 ekor kambing”, terang Daryono.

Masjid Nurul Iman Tejoagung Budayakan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Hal Pendistribusian Daging Kurban 02
Daftar distribusi daging kurban Idul Adha 1438 H di lingkungan Masjid Nurul Iman Tejoagung Metro Timur. Foto : Dok Humas Masjid Nurul Iman Tejoagung

Ditambahkannya pula, terkait waktu pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Nurul Iman Tejoagung, yang dilakukan usai pelaksanaan Sholat Idul Adha 1438 H, yang dirasa pendek karena harus mempersiapkan pula persiapan untuk Sholat Jumat.

“Alhamdulillah kita (panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Nurul Iman Tejoagung) sudah punya pengalaman dua kali, yang pelaksanaan penyembelihan hewan kurbannya bertepatan di hari Jumat, dan alhamdulillah juga tepat pada jam 2 siang, daging-daging kurban tersebut sudah siap untuk di distribusikan. Jadi belajar dari pengalaman Mas, dan juga memang harapan dari warga sekitar, mereka merasa mantepnya atau afdolnya dilaksanakan di hari Jumat ini setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha 1438 H. Kan ada Ibu-ibu juga Mas yang ikut bantu kegiatan ini, jadi kalo sudah dekat dengan waktu Sholat Jumat, yang bapak-bapak pulang dulu mandi, beberes badan untuk siap-siap Sdholat Jumat, selesai itu ya kita teruskan”, tutupnya.

(S01)

Tinggalkan Komentar Anda