Mau Mudik Nyaman, Pastikan Kartu JKN-KIS Anda Terbawa dan Aktif

383
Mau Mudik Nyaman, Pastikan Kartu JKN-KIS Anda Terbawa dan Aktif
Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik, dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Metro Husin Ali dalam konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Kamis (15/06/2017) di Kantor Cabang Metro. Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Tingkatkan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS, menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Para peserta JKN-KIS yang melakukan mudik lebaran pada tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana. Kebijakan ini diberlakukan mulai tanggal 19 Juni – 2 Juli 2017. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Dihimbau kepada para peserta untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas). Dan tentunya dalam status masih aktif dan tidak menunggak ya !. Kalo syarat itu sudah lengkap, bagi para pemudik mau berobat di mana saja, se-Indonesia pasti langsung dilayani, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” jelas Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik, dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Metro Husin Ali dalam konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Kamis (15/06/2017) di Kantor Cabang Metro.

Lanjutnya, pengecekan iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400. Pihaknya juga telah merilis aplikasi Mudik BPJS Kesehatan.

“Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Didalamnya menyediakan nomor-nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan. Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7 x 24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin – Jumat pukul 07.00 – 20.00 WIB.

Tutupnya, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di delapan (8) titik padat pemudik, antaralain Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten. Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 21 – 24 Juni 2017 tersebut menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik. (Ade Embun)

Tinggalkan Komentar Anda