Melalui Anggaran DD, Kades Dasuki Bersama Masyarakat Pro Aktif Bangun Desa

19
Melalui-Anggaran-DD,-Kades-Dasuki-Bersama-Masyarakat-Pro-Aktif-Bangun-Desa-00
salah satu bentuk realisasi penggunaan DD dalam wujud bedah rumah masyarakat Desa Surabaya Udik, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur .

Sebatin.com, Sukadana – Dalam upayanya untuk terus berbenah menjadi desa yang mandiri dan sejahtera, masyarakat dan jajaran Pemerintahan Desa Surabaya Udik, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur terus bersinergi dalam melaksanakan realisasi penggunaan Dana Desa

“Alhamdulillah, dalam pelaksanaan realisasi penggunaan Dana Desa Tahun 2018 ini semuanya dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan dan keinginan dari masyarakat. Di tahun ini, desa kita mendapatkan anggaran sebesar Rp 841.027.000”, terang Kepala Desa Surabaya Udik, Dasuki, saat ditemui Sebatin.com diruang kerjanya, Rabu (21/11/18).

Dijelaskan juga olehnya, di tahun 2018, pelaksanaan realisasi angaran DD tersebut di kelola untuk berbagai macam program infrastruktur. Juga pembinaan, pelatihan serta sosialisasi para kader. “Semua itu telah kami laksanakan sesuai aturan dan petunjuk teknis, begitu juga dalam hal program-program pemberdayaan masyarakat”, ujarnya.

Melalui-Anggaran-DD,-Kades-Dasuki-Bersama-Masyarakat-Pro-Aktif-Bangun-Desa-01
Plang proyek pembangunan Jambanisasi di Desa Surabaya Udik, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur

“Untuk pembangunan infrastruktur sudah kita bangunkan gorong – gorong plat kecil 1 unit dengan pagu sebesar Rp 6.777.000. Kemudian pembuatan Jambanisasi sebanyak 254 unit dengan pagunya sebesar Rp 405.322.000. Lalu kegiatan bedah rumah sebanyak 3 unit dengan pagu sebesar Rp 30.000.000, serta pembangunan Drainase ukuran 6×0,25 sepanjang kurang lebih 800 meter, dan pagunya sebesar Rp 216.128.000”, papar Dasuki.

“Dan untuk bidang pemberdayaan masyarakat seperti, pelatihan kader pemberdayaan sosial danteknik, pelatihan PTPKD, pelatihan sistem keuangan desa (Siskeudes), kemudian kegiatan sosialisasi makanan sehat tambahaan gizi balita, insentif honor kader kesehatan, guru TKK dan Paud, pelatihan produk hukum, dan pencegahan tindak pidana korupsi. Lalu pelatihan pengelolaan koran desa, pemberdayaan bidang olahraga dan lain-lain”, tambahnya.

Lanjutnya, bahwa seluruh pekerjaan dan kegiatan yang di biayai oleh angaran DD TA 2018 tersebut, telah mendapatkan monitoring dan evaluasi oleh Dinas PMD Lampung Timur bekerja sama dengan instansi terkait, dan juga lapisan elemen masyarakat. “Dan seluruh kegiatan tersebut dinyatakan telah berjalan dengan baik”, ujarnya.

Dasuki juga mengatakan, adanya keterlibatan dan peran serta yang aktif dari Ketua BPD, LPM, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, serta pihak-pihak terkait, ikut mempunyai andil dalam terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di Desa Surabaya Udik. (Tarmizi)

Tinggalkan Komentar Anda