Melalui Festival Lada Hitam, Chusnunia Chalim Ingin Kembalikan Kejayaan Lada di Lamtim

79
Melalui Festival Lada Hitam, Chusnunia Chalim Ingin Kembalikan Kejayaan Lada di Lamtim
(kanan) Bupati Lamtim, Chusnunia Chalim saat turut serta memetik lada, dalam ajang Festival Lada Hitam, di Desa Putra Aji II, Kecamatan Sukadana, Rabu (05/09/18).

Sebatin.com, Sukadana – Sejak dulu, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) telah dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah lada. Sadar akan potensi tersebut, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamtim, terus berusaha untuk membuat terobosan baru, guna lebih mengoptimalkan kembali potensi Sumber Daya Alam (SDA) tersebut, salah satunya dengan menggelar kegiatan Festival Lada Hitam, yang pelaksanaannya digelar di Desa Putra Aji II, Kecamatan Sukadana, Rabu (05/09/18).

Terkait permasalahan harga lada, yang saat ini dalam posisi tidak bersahabat kepada para petani, Bupati Lamtim, Chusnunia Chalim mencoba menengahi. “Pemerintah tidak mempunyai kewenangan dalam menentukan harga lada. Namun, pemerintah akan berupaya melakukan pendampingan kepada para petani. Minimal untuk tidak terlalu terperosok dalam situasi seperti ini”, ujarnya.

“Salah satunya, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah menganggarkan melalui APBD, untuk pengadaan bibit lada. Dan ketika saya gali lebih dalam lagi, ternyata usulannya adalah bagaimana agar petani-petani kita ditambah alat untuk bikin pupuk organik, dan ternyata kita sudah ada. Maka nanti akan kita berikan satu unit untuk Desa Putra Aji II, kemudian akan ditambahi lagi di 2019”, kata Bupati Lampung Timur tersebut.

Terkait Festival Lada Hitam, Chusnunia Chalim mengatakan, bahwa salah satu tujuannya adalah untuk lebih menyemangati lagi para petani lada untuk tetap berusaha dan berdoa menggapai kejayaan lada di Kabupaten Lamtim. “Sebagai Bupati Lampung Timur, saya ucapkan banyak terima kasih. Intinya, saya senang dengan festival ini. Dan acara ini khusus untuk kalian para petani lada di Lampung Timur, supaya lebih semangat lagi”, terangnya.

“Kalau nanti ada aspirasi atau inovasi lagi terkait sektor pertanian, monggo, silahkan di utarakan. Tapi jangan memaksa untuk 100% dituruti atau di wujudkan. Kita gantian dengan daerah lain”, pungkas Chusnunia Chalim.

Usai pembukaan Festival Lada tersebut, Bupati Lamtim beserta Kepala Dinas Bantuan Sosial Provinsi Lampung, Desmaniar Romas, Sekdakab Lamtim, Syahrudin Putera, Kadis Pertanian Tanaman Pangan Lamtim, M. Yusuf HS, Kadis Perikanan Lamtim, Kms Tohir Hanafi, Camat Sukadana, Mursid, Kapolsek Sukadana, Kompol Abdul Muthalib, Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Sukadana, Delly Sunthony, beserta Seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Sukadana, Ketua FKSKM Lamtim, melaksanakan peninjauan stand pameran dan workshop, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bibit lada kepada kelompok tani setempat.

(Zie)

Tinggalkan Komentar Anda