Membahayakan! Diduga Sudah Rapuh, Pohon Flamboyan di Taman Merdeka Ambruk

320
Membahayakan! Diduga Sudah Rapuh, Pohon Flamboyan di Taman Merdeka Ambruk
Pohon besar di Taman Merdeka Kota Metro ambruk, hingga menutupi setengah badan jalan, pagi tadi sekitar pukul 08.37 WIB, Jum'at (13/01/2017). Arb - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba pohon besar di Taman Merdeka Kota Metro ambruk. Ambruknya pohon berjenis flamboyan tersebut terjadi Jum’at pagi tadi, sekira pukul 08.37 WIB.

Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, namun sempat terjadi ketersendatan lalu lintas untuk sementara waktu.

Ponijo, salah seorang saksi mata menuturkan, ambruknya pohon tersebut tanpa sebab yang jelas, namun dugaan sementara, karena pohon tersebut sudah rapuh.

“Saya lagi duduk di situ pas donor darah, langsung ambruk. Untung di sini pas gak ada kendaraan yang lewat. Tiba-tiba langsung jatuh gitu aja, gak ada angin gak ada hujan, mungkin karena sudah rapuh,” ucapnya.

Membahayakan! Diduga Sudah Rapuh, Pohon Flamboyan di Taman Merdeka Ambruk 2
Ponijo, saksi mata ambruknya pohon flamboyan di Taman Merdeka Kota Metro. Foto: Arb – Sebatin.com

Sementara, dari pantauan Sebatin.com di lokasi kejadian, pohon tersebut melintang menutup setengah badan jalan, sempat terjadi ketersendatan arus lalu lintas sebelum pohon tersebut di singkirkan warga sekitar.

Ponijo, saksi mata ambruknya pohon 3
Petugas pertamanan dibantu warga yang melintas bergotong royong menyingkirkan batang pohon. Foto: Arb – Sebatin.com

Pohon besar yang diperkirakan berdiameter hingga satu meter tersebut roboh, diduga lantaran keroposnya pangkal batang, dan tidak ada akar yang menahan pohon tersebut. Selain itu, warga juga mengkhawatirkan kondisi ini, karena dimungkinkan masih banyak pohon yang rapuh dan rawan ambruk, namun belum termonitor oleh dinas terkait.

Membahayakan! Diduga Sudah Rapuh, Pohon Flamboyan di Taman Merdeka Ambruk 4
Kondisi pohon yang tumbang dalam keadaan keropos pada pangkal batangnya. Foto: Arb – Sebatin.com

“Ya khawatir aja, kita kan gak tau, mungkin masih banyak pohon di taman ini yang rapuh juga tapi belom ke kontrol,” ucap Tama salah seorang warga Metro Barat yang sedang melintas.

Warga juga meminta pemerintah dapat sigap menyikapi persoalan tersebut sebelum timbul korban lantaran pohon tumbang. Terlebih hujan deras disertai angin kencang kerap terjadi beberapa pekan terakhir.

“Maunya pemerintah melalui satuannya cepat tanggap, walaupun sering mangkas-mangkas pohon tapi kalo pohon yang rapuh gak dikontrol kan bisa membahayakan warga juga, apalagi di metro akhir-akhir ini sering hujan disertai angin,” harapnya.

(Arb)

Tinggalkan Komentar Anda