Menjenguk Bang Dirman

16
Menjenguk Bang Dirman 01
Cinderamata Seni Daun Cukil serta Kue Tart Peringatan HPN 2021 dan HUT PWI ke-75, untuk Bang Dirman

Sebatin.com, Kota Metro – Tak ada keeforiaan, namun dengan penuh kesederhanaan, dan tanpa mengurangi kebahagian serta kebermanfaatan, peringatan HPN 2021 dan HUT PWI ke-75 di Kota Metro berjalan dengan rasa sukacita.

Pasalnya, jajaran pengurus dan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro, masih berkesempatan merayakan peringatan HPN-nya di kediaman salah satu senior, sesepuh, atau ayahanda-nya para wartawan Kota Metro.

Menjenguk Bang Dirman 02
Dewan Penasehat PWI Kota Metro Hi. Darmanto di dampingi Sekretaris PWI Metro Rino Panduwinata dan Ketua SMSI Metro Ali Imron Muslim bersama anggotanya saat menjenguk Bang Dirman, di kediamannya di Gang Subur RT 22, RW 05 Kelurahan Hadimulyo Barat, Metro Pusat, Senin (9/02/21).

Beliau adalah Sudirman KM, atau lebih akrab disapa Bang Dirman, memulai profesinya pada tahun 1980-an, sebagai salah satu wartawan Harian Lampung Post. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua PWI Kota Metro pada periode 2014-2017.

“Di Hari Pers Nasional ini kami dari SMSI dan PWI Kota Metro merayakan kegembiraan bersama di kediaman Bang Dirman. Beliau wartawan senior sekaligus sesepuh, sebagai guru dan panutan kami”, ujar Ketua SMSI Kota Metro Ali Imron Muslim, Selasa (9/02/21).

Dalam kesempatan ini, tambahnya, kami anak-anak beliau melalui organisasi SMSI dan PWI juga menyerahkan sebuah Cinderamata Dancuk (Daun Cukil) yaitu sebuah karya seni berupa gambaran siluet wajah, dibuat oleh salah satu seniman asal Kota Metro, Linang Kharisma, yang juga sebagai owner dari Galeri Kekasih Cahaya, yang berlokasi di Kelurahan Tejo Agung, Metro Timur.

“Di hadapan Bang Dirman, secara simbolis juga dilakukan peniupan lilin kue perayaan HPN dan HUT PWI ke-75, yang dilaksanakan oleh Penasihat PWI Kota Metro, Hi Darmanto, saya sendiri dan Sekretaris PWI Kota Metro Rino Panduwinata”, tambah Ali Imron.

Menjenguk Bang Dirman 03
Ketua SMSI Kota Metro Ali Imron Muslim saat menyerahkan Cinderamata Seni Daun Cukil kepada Umi Yuliana, Istri dari Bang Dirman.

Sementara itu Umi Yuliana, istri dari Bang Dirman, menyatakan sangat terharu, dan sangat mengapresiasi atas adanya perhatian dan silaturahmi yang masih utuh terjaga dari anak-anaknya sesama insan pers di Kota Metro. “Dulu, Bang Dirman pernah hilang dari rumah, berhari-hari, waktu itu Lampung geger dengan berita Tragedi Talangsari yang ditulisnya, dan terbit di Harian Lampung Post. Orang-orang baju loreng bolak-balik ke rumah cari dia. Anak-anak masih kecil waktu itu”, ujarnya sedikit bernostalgia saat Bang Dirman masih aktif menjalankan profesi kewartawanannya.

“Sekarang, udah tiga tahun-nan ini Bang Dirman terbaring ditempat tidur. Ada ganguan jantung dan hipertensi ditubuh beliau. Mohon doa-nya untuk kesembuhan Ayahnda kalian, Bang Dirman”, terang Umi.

Ditambahkan oleh Hi. Darwanto, salah satu Dewan Penasehat PWI Kota Metro aktif, dan juga selaku salah satu rekan beliau di masanya mengatakan, bahwa Bang Dirman adalah sosok wartawan luar biasa dan juga pekerja keras.

“Tahun 1980 beliau memasuki dunia kewartawanan, sebagai biro pertama disalah satu surat kabar harian di Lampung. Beliau adalah orang yang konsisten, detail, dan fokus serta memiliki narasumber yang kuat dalam menggali sebuah fakta dan kedalaman berita”, ujar Darmanto.

Sebagai pilar ke-4 dalam Demokrasi, tambah Darwanto, pekerja pers wajib menyuguhkan tulisan yang berkualitas, dengan narasumber yang kuat, dan mengedepankan kode etik Jurnalistik sesuai amanat UU Pokok Pers nomor 40 tahun 1999″, tutupnya. (rls)

Tinggalkan Komentar Anda