Menulis di Wattpad, Apa Sih Untungnya?

868
Menulis di Wattpad, Apa Sih Untungnya?
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Akal pikiran adalah salah satu hal yang membedakan antara manusia dengan mahluk hidup lainnya. Itulah sebabnya nyaris semua orang terus mengasah otak masing-masing, dan tak sedikit yang bangga bila memiliki daya pikir di atas rata-rata.

Salah satu cara meningkatkan daya pikir dan wawasan adalah membaca. Nyaris semua orang mempercayai hal tersebut. Hingga terbitlah sebuah quote: “Membaca adalah membuka cakrawala dunia.”

Sedikit menyitir kata-kata Imam Syafi’i, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya!”. Namun, apabila tak memiliki ilmu, apa yang harus dituliskan? Maka hal inilah yang menjadi salah satu sebab banyak kawula muda yang berkeinginan menjadi seorang penulis. Bukankah di masyarakat seorang penulis sejak dulu hingga kini dianggap sebagai seseorang yang memiliki tingkat intelektualitas di atas rata-rata?

Wattpad adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu siapapun yang berkeinginan untuk menjadi penulis. Wattpad adalah tempatnya karya-karya fiksi seperti novel, cerpen, dan puisi. Di sana adalah markasnya para penulis dan pembaca.

Bukankah hakikat dari menulis itu sendiri adalah berbagi atau menyebar pemahaman, cerita, dan nasihat? Jadi, hal salah satu hal mendasar yang dibutuhkan seorang penulis adalah pembaca. Sementara di Wattpad karya-karya kita bisa dinikmati oleh ribuan bahkan jutaan pasang mata. Bukankah itu yang dicari? Meski tanpa mendapatkan pundi-pundi?

Namun, saat ini, banyak sekali novel-novel di Wattpad yang diterbitkan bahkan oleh penerbit besar, contohnya Penerbit Melvana, Penerbit Inari, Elex Media Komputindo, Penerbit Bintang Media, dan lain sebagainya.

Salah satu novel yang diterbitkan yang berasal dari Wattpad ialah “Dear Nathan”. Novel ini diterbitkan oleh Penerbit Melvana dan sukses besar, best seller. Novel ini ditulis oleh seorang mahasiswi Universitas Lampung (Unila) bernama Erisca Febriani.

Novel ini adalah novel bergenre teenlit romance. Genre yang memang betul-betul digandrungi oleh kawula muda. Terutama remaja perempuan. Tak hanya menjadi novel terkenal dan best seller, bahkan novel “Dear Nathan” telah diangkat ke layar lebar.

Saat ini, Erisca Febriani yang dulunya hanya sekadar anak muda biasa telah berubah menjadi sosok “public figure” yang banyak menginspirasi anak muda lainnya di seluruh Indonesia.

Jadi, sudah siap untuk nulis? Sudah siap untuk terkenal?

(Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda