Menyelam Lebih Jauh Mengenai Demo 4 November 2016

695
Menyelam Lebih Jauh Mengenai Demo 4 November 2016
(Ilustrasi). Gambar: Twitter

Sebatin.com, Jakarta – Demo yang akan dilangsungkan besok, Jumat (04/11/2016) menjadi perbincangan utama dalam headline seluruh media-media pemberitaan. Demo yang menentang keberadaan Ahok ini akan dihadiri oleh beberapa ormas-ormas besar di Indonesia.

Namun banyak juga kalangan yang bingung tentang apa sebenarnya yang terjadi hingga demo besar-besaran ini terjadi. Sebatin.com merangkum beberapa hal dari BBC yang berhubungan dalam demo 4 November nanti.

  1. Demonstrasi Menolak Ahok

Demo 4 November yang akan datang disebut-sebut sebagai demo lanjutan pada tanggal 13 Oktober 2016 lalu. Menuntut hal yang sama, yaitu untuk menolak Ahok. Dalam demo kali ini massa menuntut Ahok untuk dipenjara karena dituding telah menodai Al-Quran dengan menyebut Surat Al-Maidah Ayat 51 adalah sebagai alat untuk membodohi masyarakat yang tidak berniat memilihnya.

Belakangan ini Ahok sudah meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia yang beragama Islam, bahwa ia tidak berniat untuk melecehkan ayat suci Al-Quran. Beberapa tokoh muslim juga tidak bisa menuding Ahok telah melakukan penistaan agama. Namun apa yang telah Ahok lakukan, akhirnya menjadi alasan utama dalam demo 4 November 2016 mendatang.

  1. FPI Menjadi Panitia Demonstrasi

Unjuk rasa yang akan diikuti oleh beberapa ormas-ormas di Indonesia ini akan dipimpin oleh FPI. Pimpinan FPI, Habib Rizieq bahkan menyerukan untuk meliburkan kegiatan perusahaan, kantor, dan sekolah guna mengikuti aksi unjuk rasa ini.

Menyelam Lebih Jauh Mengenai Demo 4 November 2016
Seruan Habib Rizieq Dalam Akun Twitternya. Gambar: Twitter
  1. Tidak Ada Anjuran dan Tidak Ada Larangan Dari Dua Ormas Islam Terbesar

Sebagai dua ormas Islam terbesar di Indonesia, Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah tidak pernah melarang massanya untuk ikut dalam demonstrasi, tapi mereka juga tidak menganjurkan.

 

”Kami tidak menghimbau warga Muhammadiyah melakukan demonstrasi pada 4 November. Kami menghormati saudara-saudara kami memutuskan untuk berdemonstrasi, tetapi harus dilakukan dengan cara damai. Jauhkan tindakan-tindakan anarkis,” ungkap Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Danhil Azhar Simanjuntak yang dilancir dari laman BBC.

  1. Netizen Terpecah Dalam Perdebatan Demo 4 November

Sebagai media yang bergerak di bidang Online, Sebatin.com sangat memperhatikan bagaimana respons netizen dalam masalah ini di beberapa media sosial. Beberapa netizen menganggap demo ini penting dan sisanya menganggap bahwa semua bisa ditangani oleh lembaga hukum negara.

Menyelam Lebih Jauh Mengenai Demo 4 November 2016
Meme Yang Menggambarkan Perpecahan Pendapat Antar Netizen. Gambar: Facebook

(Red)

Tinggalkan Komentar Anda