Meriahkan Perayaan HUT RI Ke- 73, Desa Sukadana Timur Gelar Karnaval Seni Budaya dan Turnamen Sepak Bola

21
Meriahkan-Perayaan-HUT-RI-Ke--73,-Desa-Sukadana-Timur-Gelar-Karnaval-Seni-dan-Budaya-serta-Turnamen-Sepak-Bola-01
Arak-arakan Karnaval Seni dan Budaya, dalam rangka memeriahkan perayaan HUT RI Ke 73, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Desa Sukadana Timur, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Minggu (19/08/18).

Sebatin.com, Sukadana – Dalam rangka memeriahkan perayaan HUT RI yang ke 73, Desa Sukadana Timur menggelar Karnaval Seni dan Budaya, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Desa Sukadana Timur, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Minggu (19/08/18).

Pembukaan event Karnaval Seni dan Budaya, yang merupakan agenda tahunan tersebut, secara langsung dilepas oleh Kepala Desa Sukadana Timur, Ismu Wasito yang di dampingi oleh jajaran perwakilan dari Kecamatan Sukadana, para tokoh dan sesepuh desa setempat, Babinkamtibmas dan para Kadus serta para RT dari desa setempat.

Dalam karnaval tersebut, dipertunjukkan berbagai atraksi unik dan menarik, mulai dari pertunjukan Ogoh – ogoh, kemudian diikuti oleh beragam macam replika, diantaranya pesawat tempur, kapal tempur laut Dewa Ruci, pahlawan Bali Gusti Ngurahrai, kendaraan lapis baja, dan lain sebagainya.

Meskipun dibawah terik matahari yang tak kunjung meredup, antusias warga setempat untuk tetap berada di jalur karnaval guna menyaksikan iringi-iringan berbagai macam kemeriahan ornamen hiasan dan replika tetap tinggi, hal tersebut tampak ketika beberapa peserta karnaval menampilkan pertunjukan teatrikal tentang perjuangan merebut kemerdekaan, pertunjukan yang di kemas secara komedi namun tak mengurangi makna sejarah kemerdekaan tersebut, menambah suasan semakin meriah.

Meriahkan-Perayaan-HUT-RI-Ke--73,-Desa-Sukadana-Timur-Gelar-Karnaval-Seni-dan-Budaya-serta-Turnamen-Sepak-Bola--02
Suasana pertunjukan teatrikal tentang perjuangan merebut kemerdekaan RI.

“Selain kegiatan Karnaval Seni dan Budaya, kita juga menyelenggarakan Open Tournament Sepak Bola, yang pesertanya di ikuti oleh berbagai club sepak bola yang ada di Kabupaten Lampung Timur, bahkan ada juga club yang berasal dari wilayah Lampung Selatan. Total hadiah yang di perbutkan dalam kejuaran sepak bola tersebut mencapai Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah, red)”, terang Kades Sukadana Timur.

“Dana pelaksanaan dan hadiah tournament sepak bola itu totalnya sebesar Rp 17.500.000; (tujuh belas juta lima ratus ribu rupiah, red), di anggarkan murni dari desa, tanpa menarik iuran dari warga”, tambah Ismu Wasito.

Masih di tempat yang sama, salah satu ketua rombongan karnaval yang menampilkan budaya masyarakat Bali, Wayan, mengatakan, bahwa apa yang ditampilkan dalam Karnaval Seni dan Budaya tersebut, merupakan salah satu bentuk partisipasi warga desa setempat dalam rangka memeriahkan perayaan peringatan HUT RI ke 73. “Hikmahnya, melalui acara ini, kami semua bisa berkumpul, berbaur dalam persaudaraan, dalam persatuan, tanpa membedakan perbedaan Suku, Ras dan Agama. Semua bersatu dan bergandengan tangan dalam bingkai NKRI”, terangnya.

(Zie)

Tinggalkan Komentar Anda