Mudahkan Masyarakat Daftar JKN, BPJS Pasang Drop Box di Tiap Kelurahan

288
Mudahkan Masyarakat Daftar JKN, BPJS Pasang Drop Box di Tiap Kelurahan
(Ilustrasi)

Sebatin.com, Kota Metro – Guna memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Metro akan menyediakan drop box di setiap kelurahan.

Kepala BPJS Cabang Metro Rizka Adhiati menuturkan, BPJS saat ini tengah mempersiapkan pemasangan drop box tersebut. Untuk tahap awal, menurutnya, drop box akan di pasang di lima kecamatan terlebih dahulu.

“Bulan depan sudah kita mulai. Pertama di lima kecamatan. Selanjutnya pada masing-masing kelurahan. Ini juga sebagai proyek percontohan untuk daerah lain,” tutur Rizka, Kamis (2/3/2017).

Drop box ini, adalah kotak yang ditinggal berikut formulir pendaftaran peserta BPJS. Setiap warga yang ingin mendaftar tinggal mengisi formulir dan memasukkan ke kotak yang disediakan.

“Nanti tiap dua hari ada petugas kita yang keliling ambil formulir. Kemudian akan kita validasi datanya. Peserta itu nanti tinggal tunggu dihubungi saja. Yang penting mengisi nomor handphone yang aktif,” ungkapnya.

Inovasi ini, mencontoh Provinsi Kalimantan yang berhasil meningkatkan peserta JKN dengan memberi kemudahan masyarakat dalam mendaftar. Ini, karena kelurahan dan kecamatan lebih dekat dengan rumah masyarakat.

Kata dia, kemudahan layanan pendaftaran BPJS cabang Metro yang membawahi Metro, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Mesuji tersebut untuk meningkatkan peserta JKN sesuai target 2019.

Terpisah, Plt. Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo mengaku, Pemkot siap membantu sosialisasi untuk meningkatkan peserta JKN. Salah satunya, dengan mengingatkan masyarakat setempat akan petingnya asuransi kesehatan.

“Imbauan juga akan kita berikan kepada satker saat ada kegiatan yang melibatkan masyarakat. Agar memberikan waktu 10 hingga 15 menit untuk sosialisasi JKN,” pungkasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda