Musim Penghujan, Perhatikan Pola Berkendara Anda

297
Musim Penghujan, Perhatikan Pola Berkendara Anda
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Akhir-akhir ini berbagai daerah di Indonesia dilanda cuaca ekstrim, hujan yang hampir setiap hari turun membuat para pengendara motor harus lebih berhati-hati dalam berkendara terutama disaat melakukan pengereman di jalan yang licin.

Dalam pengereman, pengendara biasanya tidak tahu dimana titik yang tepat untuk pengereman dan rem yang akan digunakan. Michael Gerald Gozal, Safety Riding Analyst Astra Motor dalam laman otomotif.kompas menjelaskan bahwa saat motor dalam kecepatan rendah rem yang lebih efesien digunakan adalah rem belakang sedangkan saat motor berada dalam kecepatan 30 – 80 Kpj (Km per Jam) untuk mengurangi kecepatan motor gunakan rem depan.

Fungsi lain dari rem belakang selain mengurangi kecepatan motor adalah untuk menstabilkan motor.

“Sebenarnya saat 30 – 80 kpj yang digunakan kedua rem, depan untuk menahan daya dorong sedangkan belakang membantu menyetabilkan,” ungkap Michael dalam laman otomotif.kompas.

Selain itu saat berada ditikungan, teknik pengereman yang benar adalah saat memasuki tikungan bukan saat sedang berada di tikungan. Jika salah melakukan pengereman, apalagi dalam kecepatan tinggi akan sangat fatal akibatnnya.

Untuk itu sebelum motor miring saat hendak memasuki tikungan, usahakan kecepatan sudah berhasil diredam oleh rem. Karena saat menikung luas ban yang menyentuh aspal semakin menyempit akibat kemiringan motor. Apabila saat sedang menikung melakukan pengereman maka motor akan tergelincir dan pengendara bisa terjatuh sehingga sangat berbahaya.

Jika berkendara di bawah guyuran hujan, ada baiknya untuk langsung mengurangi kecepatan motor. Karena ketika melakukan pengereman, pengendara tidak harus terlalu kuat dalam menekan tuas rem yang bisa membuat motor tergelincir. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda