Musrenbang 2018 Mayoritas Warga Usulkan Pembangunan Jalan dan Drainase

383
Musrenbang 2018 Mayoritas Warga Usulkan Pembangunan Jalan dan Drainase
Wali Kota Metro Achmad Pairin saat menyampaikan arahannya pada Musrenbang Kecamatan Metro Utara, Kamis (16/02/2017). Foto: Ist

Sebatin.com, Kota Metro – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kota Metro selesai dilaksanakan. Dari lima kecamatan di Kota Metro, mayoritas warga mengusulkan pembangunan infrakstruktur.

Wali Kota Metro Achmad Pairin menuturkan, dari lima kecamatan sangat berbeda dalam usulan untuk pembangunan di tahun 2018. Namun, kata dia, secara garis beras usulan warga yakni pembangunan jalan dan drainase.

”Memang sangat berbeda sekali di setiap kecamatan. Tetapi secara garis besar setelah kita keliling hampir sama, yaitu pembangunan infrastruktur jalan dan drainase. Sedangkan di bidang lain juga ada tapi rata-rata jalan dan drainase,” tutur Pairin usai menghadiri Musrenbang terakhir di Kecamatan Metro Utara, Kamis (16/2/2017).

Lanjutnya, setelah Musrenbang ini ke depan akan diinventarisir oleh tim Pemerintah Kota Metro yang kemudian tahap kedua dibicarakan dengan DPRD setelah reses. Lalu, setelah dipadukan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi dan Pusat, maka akan dibuat kebijakan.

”Karena masyarakat belum terfikirkan untuk di bidang ekonomi. Mereka masih melihat kondisi sekarang, seumpama banjir jadi drainasenya diperbaiki, nah itu yang kita akomodir terlebih dahulu. Nanti ke depan ada kebijakan saya, pak wakil dan dari pusat untuk bantuan modal, penguatan ekonomi dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Metro Djohan meminta kepada seluruh pamong dan kolektor di wilayah Kota Metro agar dapat meningkatkan pencapaian realisasi Pajak Bumi dan Bangunan. Ini sangat beralasan, pasalnya ini merupakan bentuk sumbangsih masyarakat kepada pemerintah untuk mensukseskan program pembangunan termasuk program wisata keluarga.

“Artinya ketika pamong menuntut kenaikan insentif, kira-kira sumbangsihnya (realisasi PBB, red) ada kenaikan atau tidak. Saya janji akan naikan insentif, syaratnya itu tadi realisasi PBB harus naik,” paparnya.

Musrenbang 2018 Mayoritas Warga Usulkan Pembangunan Jalan dan Drainase 2
Wakil Wali Kota Metro Djohan menyampaikan arahannya di acara Musrenbang Kecamatan Metro Utara, Kamis (16/2/2017). Foto: Ist

Ia bahkan meminta, jika ditemukan SPPT yang tidak ada Wajib pajaknya, maka berkas tersebut segera dikembalikan kepada instansi terkait untuk diperbaiki. Sebab jika APBD pembangunan meningkat, maka sumbangsih masyarakat perlu, yakni melalui PBB.

“Jika semua ini sudah berjalan optimal, maka dalam menyusun anggaran baiknya dapat memprioritaskan kepentingan orang banyak,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda menuturkan, dalam mewujudkan destinasi wisata keluarga di Metro Utara tentu membutuhkan keterlibatan masyarakat. Artinya mereka harus, siap dengan konteks kota wisata keluarga. Terlebih, Metro Utara melekat dengan pertanian dan destinasi wisata di Dam Raman.

“Jadi jalur yang dilalui destinasi tersebut, masyarakatnya harus ada kesiapan. Bagian terkoneksi harus terlibat, jangan sampai bikin pariwisata warga tidak merasa terlibat, sehingga keamanan dan kenyamanan pengunjung terjamin. Ini agar menimbulkan manfaat bagi masyarakat,” tuntasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda