Musrenbang Tulang Bawang, Winarti : Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing

10
Musrenbang Tulang Bawang 2018. Foto : Roby-Sebatin.com

Sebatin.com, Tulang Bawang – Bupati Tulang Bawang, Winarti, buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Sekretariat Pemda Tulang Bawang, Kamis (22/ 03/2018).

Dalam sambutannya, Winarti meminta seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar lebih memfokuskan kegiatan Program Muatan Lokal, yang bersifat Pro-Rakyat. Bupati menilai muatan lokal, program Pro-Rakyat sangat penting karena merupakan sebuah kontribusi nyata Pemkab terhadap berbagai kepentingan pembangunan masyarakat tingkat bawah.

“Jangan jadikan Musrenbang hanya sebagai sebuah kegiatan seremonial atau main-main, namun jadikan Musrenbang sebagai wahana untuk memberikan kontribusi nyata, agar program kita benar-benar pro-rakyat, menyentuh kebutuhan dasar masyarakat, agar masyarakat sejahtera, itu yang saya inginkan,” tegas Winarti.

Winarti menuturkan, Musrenbang memang merupakan salah satu kegiatan yang menjadi rutinitas Pemkab. Tetapi, Musrenbang juga kegiatan yang sangat penting dilaksanakan untuk merumuskan berbagai perencanaan guna penyempurnaan program. Namun lanjut Winarti, semestinya sebelum berbagai program disusun oleh Satker, harus terlebih dahulu melakukan lintas koordinasi, guna mengakomodir apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan seluruh masyarakat.

“Kalau soal membangun gedung, maupun kantor mewah saya rasa itu kurang tepat apalagi saat ini semua kantor masih layak, untuk dipergunakan jadi lebih baik kita fokus dahulukan kepentingan masyarakat, apa yang menjadi keinginan masyarakat itu kita akomodir dengan begitu,program yang kita realisasikan dipastikan akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Menurut Winarti, kedepan nanti dirinya menginginkan agar semua SKPD harus aktif bisa melihat dan menilai apa yang menjadi harapan pimpinan, dalam menyusun berbagai program pembangunan. Bahkan tak sebatas itu saja, melainkan semua program penyusunan rencana pembangunan Kabupaten Tulang Bawang tahun 2019 harus sepenuhnya singkron dengan keinginan Aparatur Kampung se-Tulang Bawang.

Lebih khusus lagi sambung Winarti, semua rancangan pembangunan RKPD tahun ini harus klop, sesuai dengan keinginan dan menyentuh masyarakat se-Tulang Bawang secara langsung.

“Karena hal yang harus diingat, semua kepala SKPD Pemkab Tulang Bawang dalam menyusun itu harus mengutamakan muatan lokal terlebih dahulu, kemudiaan baru yang lainya. Sehingga semuanya bisa sama dan singkron dengan apa yang saya harapkan. Mari kita buktikan jalankan semua sesuai dengan regulasi, dengan gotong-royong semuanya pasti akan berjalan baik, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, itulah kebersamaan,” urainya.

Sementara di tempat yang sama, Pjs. Gubernur Provinsi Lampung, Didik Suprayitno yang diwakili oleh Kepala Bapeda Provinsi Lampung Topik Hidayat menambahkan jika Gubernur Provinsi Lampung berpesan, dalam menyusun rancangan pembangunan RKPD tahun 2019 mendatang dapat lebih mengutamakan dan mendahulukan tingkat pengangguran yang ada di Lampung.

“Karena angka tingkat pengangguran kita semakin bertambah, jadi kami minta semua program pembangunan yang akan disusun tentunya selain harus kita singkronkan juga semuanya harus bersifat strategis demi tercapainya pembangunan yang maju dan layak bagi masyarakat kedepan,” tambahnya singkat.

Sementara Pejabat Sekdakab Tulang Bawang, yang sekaligus merupakan Kepala Bapedalitbang, Ir. Antoni menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan Musrenbang tingkat Provinsi Lampung tersebut, guna mensingkronkan semua program pembangunan antara SKPD Pemkab Tulang Bawang sesuai dengan yang telah di bahas bersama masyarakat melalui Musrenbang tingkat Kecamatan.

“Supaya apa yang menjadi keinginan baik pimpinan maupun masyarakat kita, bisa terwujud demi tercapainya pembangunan yang merata dan berdaya saing, sehingga target dalam mensejahterakan masyarakat Tulangbawang kedepan dapat tercapai,” katanya.

“Semua program prioritas pembangunan akan terlebih dahulu disingkronisasikan dengan program kabupaten, provinsi maupun nasional, agar apa yang akan direalisasikan benar-benar tepat sasaran, sesuai harapan masyarakat,” pungkasnya.

(Red/Roby)

Tinggalkan Komentar Anda