Nasriyanto Effendi Minta Pihak SD N 5 Metro Timur Segera Hapus Coretan Tak Mendidik Di Pagar Sekolah

988
Nasriyanto Effendi Minta Pihak SD N 5 Metro Timur Segera Hapus Coretan Tak Mendidik Di Pagar Sekolah
Ketua Dewan Pendidikan Kota Metro Nasriyanto Effendi. Foto : Net

Sebatin.com, Kota Metro – Mengenai tentang adanya pemberitaan aksi vandalisme di salah satu pagar milik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Metro Timur yang berisi kata-kata kasar dan tidak senonoh, membuat Ketua Dewan Pendidikan Kota Metro Nasriyanto Effendi angkat bicara.

Melalui komunikasi via telphone dengan sebatin.com, Nasriyanto berharap dan meminta untukpihak sekolah agar secepatnya menghapus tulisan tersebut. Pasalnya, keberadaan tulisan tersebut jelas tidak mendidik dan berdampak buruk bagi sekolah tersebut.

Lebih lanjut Nasrianto Effendi menjelaskan, secara psikologis tulisan tersebut akan merendahkan mereka anak-anak itu. Karena dalam tulisan tersebut mencakup semua pihak disekolah, baik itu murid dan dewan guru. Untuk itu, ia meminta pihak sekolah agar menanggapi tulisan tersebut secara profesional.

Nasriyanto Effendi Minta Pihak SD N 5 Metro Timur Segera Hapus Coretan Tak Mendidik Di Pagar Sekolah 01
Coretan tak senonoh di dinding pagar SD N 5 Metro Timur, Sabtu (19/11/2016). Foto : Sebatin.com

”Dalam tulisan itu mencakup semua, termasuk murid dan dewan guru, disana dicap seperti itu. Jadi tidak bisa dianggap remeh hal itu. Dan jangan diabaikan begitu saja karena tidak boleh juga, kalau bisa secepatnya lah dihapus. Karena tulisan vandalisme itu jelas satu hal yang tidak mendidik. Pertama dari sisi kebersihan, lingkungan. Dan bahasa yang dipakai juga tidak mendidik. Itu bahasa yang sangat kasar,” jelasnya.

Adanya tulisan tersebut, lanjut Nasrianto, harusnya menjadi bahan evaluasi dan intropeksi pihak sekolah karena tulisan itu mengarah ke institusi sekolah. Mungkin, kata dia, ada sesuatu hal yang dilakukan oleh pihak sekolah tersebut yang belum pas terhadap lingkungan, masayarakat atau oknum yang membuat tulisan.

”Itu seharusnya menjadi bahan instropeksi bagi sekolah. Bagaimana interaksi sekolah terhadap lingkungan. makanya pihak sekolah harus melakukan koreksi, evaluasi untuk melakukan interaksi terhadap lingkungan sekitar. Mungkin ada satu hal yang tidak pas dari pihak sekolah dalam berinteraksi dengan lingkungan sekolah atau juga interaksi sekolah terhadap wali murid sehingga timbul suatu hal yang kurang berkenan terhadap mereka. Atau juga kurang terbangun komunikasi yang baik selama ini,” lanjutnya.

Tentu, terus Nasrianto kepada lingkungan, orang tua murid atau siapa saja yang melakukan itu, jika ada hal-hal yang kurang dan tidak berkenan yang dilakukan sekolah sebaiknya disampaikan dalam forum atau musyawarah. ”Sehingga apa yang kurang berkenan selama ini, harus diperbaiki pihak sekolah,” ucapnya.

Ia meminta, kepada pihak sekolah untuk tanggap dengan hal seperti itu. Karena dikhawatirkan, jika dibiarkan begitu saja akan merembet ke hal-hal yang lain.

”Sekolah seolah menganggap remeh dan seolah tidak ada masalah. Jangan seperti itu, kalau dibiarkan saja nanti malah merembet, bukan hanya sekedar itu saja yang mereka lakukan dalam aksi vandalisme itu kan,” paparnya.

(Ndra)

Tinggalkan Komentar Anda