Pacu Eksplorasi Potensi 147 Kampung, Pemkab Tuba Gelar Bursa Inovasi Desa

2
Pacu-Eksplorasi-Potensi-147-Kampung,-Pemkab-Tuba-Gelar-Bursa-Inovasi-Desa
Bupati Tulang Bawang, Winarti saat memberi arahan dalam pembukaan kegiatan Bursa Inovasi Desa, di Aula Masjid Islamic Center Menggala, kabupaten setempat, Selasa (18/9/18).

Sebatin.com, Tuba – Bupati Tulang Bawang (Tuba), Winarti, secara resmi membuka kegiatan Program Inovasi Desa, dengan mengangkut tema “Bursa Inovasi Desa” yang dilaksanakan di Aula Masjid Islamic Center Menggala, kabupaten setempat, Selasa (18/9/18). Kegiatan ini diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung/Kelurahan (DPMPK) Tuba.

Dalam sambutannya, Bupati Tuba mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan dapat menjadi pemacu bagi 147 kampung yang ada di kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur, untuk dapat lebih berinovasi lagi dalam mengeksplor kekayaan serta potensi yang ada di masing-masing kampung.

“Ayo mulai langkah strategis, lakukan penyebaran dan pertukaran gagasan serta inovasi masyarakat, agar kampung-kampung semakin berkembang”, ujar Bupati Winarti.

Lanjutnya, bahwaa tujuan pelaksanaan kegiatan Bursa Inovasi Desa tersebut, selain untuk mencari inisiatif atau alternatif dalam segi penggunaan Dana Desa (DD) guna pembangunan kampung, juga untuk dapat lebih menjembatani lagi terkait kebutuhan pemerintahan kampung, agar dapat terkontrol bilamana menemui kendala-kendala dalam pelaksanaannya. “Kegiatan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten. Apalagi Bursa Inovasi Desa ini juga dapat menertibkan penggunaan Dana Desa”, terangnya.

“Jadi dengan tertibnya pengelolaan Dana Desa, maka dapat melahirkan program yang kreatif dan inovatif dengan potensi yang ada di masing-masing Kampung”, papar Bupati Winarti.

“Dan satu lagi, jangan gegabah dalam pengelolaan Dana Desa, laksanakan peraturan dan regulasi yang ada. Saya akan berusaha melindungi seluruh Kepala Kampung di Kabupaten Tuba, supaya tidak terjerat hukum, asal sesuai aturan. Kuncinya ikuti aturan dan koridor yang ada dalam menjalankan tugas. Masalah kalian adalah masalah saya”, pungkas Bupati Winarti dengan tegas.

(RB)

Tinggalkan Komentar Anda