Pajak Daerah Kota Metro Ditarget 15 miliar

350
Pajak Daerah Kota Metro Ditarget 15 miliar
BPPR Kota Metro. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi (BPPR) Kota Metro menargetkan penerimaan pajak daerah tahun 2017 ini sebesar 15 miliar. Jumlah ini naik 2 miliar dari tahun 2016 lalu yang sebesar 13 miliar.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Penataan dan Penagihan BPPR Kota Metro Intan Cici Ery Trina di ruang kerjanya, Senin (30/1/2017). Ia menjelaskan, Pajak Daerah Kota Metro terdiri dari 8 jenis pajak yang tahun 2017 ini ditagetkan akan mengalami kenaikan.

”Delapan jenis pajak itu yakni Pajak Hotel, Restoran, Hiburan, Reklame, Penerangan, Parkir, PBB, dan BPHTB. Kalau Pajak Air Tanah sekarang sudah kewenangan provinsi, jadi kita sudah tidak ada lagi pendapatan dari pajak air tanah,” jelasnya.

Dari kedelapan jenis pajak tersebut, lanjutnya, penyumbang realisasi pajak terbanyak yakni dari pajak Penerangan Jalan, yaitu sebesar 8 miliar. Kemudian, disusul dari perolehan PBB yang sebesar 3,2 miliar.

”Setengah lebih hasil dari jumlah pajak penerangan jalan yang langsung dari PLN diserahkan ke Kas Daerah. Kemudian terbanyak ke dua yaitu dari PBB yang sebesar 3,2 miliar. Cuma untuk PBB ini realisasinya belum tahu, apakah nantinya akan memenuhi target atau tidak. Karena masih banyak kendala di lapangan soal PBB,” lanjutnya.

Selanjutnya, dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar 2,8 miliar. Pajak Hotel sekitar 160 juta, Restoran 750 juta, Hiburan 160 juta, dan Reklame 325 juta.

”Untuk Pajak Parkir sekitar 165 juta,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk iklan rokok saat ini masih dibuatkan peraturan yang jelas.

”Yang jelas kalau iklan rokok tidak boleh di jalan protokol. Saat ini regulasinya masih dibahas, tapi untuk hasilnya belum tahu,” tambahnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda