Panen Padi di Sejumlah Wilayah Pringsewu Memuaskan Petani

8
Padi di sejumlah wilayah Pringsewu yang siap panen. Foto : Sanusi-Sebatin.com

Sebatin.com, Pringsewu – Hasil panen padi di wilayah persawahan Kabupaten Pringsewu kali ini cukup memuaskan para petani. Pasalnya, menurut salah satu petani di Pekon Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu menuturkan, rata-rata pada musim tanam saat ini cukup bagus.

“Padi bernas dan terhindar dari serangan penyakit, baik serangan hama, wereng, maupun hama tikus. Begitu juga dengan kebutuhan air dan pupuk, keduanya bisa terpenuhi sesuai dengan kebutuhan pada saat musim tanam,” katanya pada Sebatin.com, Rabu (28/3/2018).

Bagitu juga keadaan padi di wilayah Persawahan Kecamatan Sukoharjo, hampir rata-rata petani merasa cukup puas dengan hasil panennya. Sudar, salah satu petani padi mengatakan, pihaknya merasa sangat terbantu saat musim panen tiba. Sebab, pihaknya mengaku sempat membeli beras dengan harga Rp.12.000 hingga Rp.13.000 perkilo gram.

“Namun Alhamdulillah saat ini harga beras mulai turun baik, di pabrik penggilingan padi maupun di warung-warung eceran. Kalau di warung saat ini antara Rp.10.000 sampai Rp.11.000/kg,” ujarnya.

Di lain pihak, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pertanian wilayah Kecamatan Sukoharjo, Barzan Tarmizi saat dikonfirmasi membenarkan kondisi tersebut. “Alhamdulillah Hasil panen saat ini sesuai dengan apa yang diharafkan masyarakat.meski musim pamem tidak serentak namun sudah bisa di perkirakan cukup baik,” ujar Barzan.

Menyambung lidah para petani, Barzan berharap, Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas pertanian, agar hendaknya bisa tetap terus mendukung para petani. Terutama dalam pendistrian pupuk pada musim tanam yang akan datang, agar tetap lancar sesuai dengan kebutuhannya.

Reporter  : Sanusi
Editor      : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda