Panen Raya di Kecamatan Banyumas Pringsewu

258
Panen Raya di Kecamatan Banyumas Pringsewu
Para petani di Kecamatan Banyumas Pringsewu tengah memanen hasil tanaman padinya, Kamis (06/04/2017). Foto: Sanusi - Sebatin.com

Sebatin.com, Pringsewu – Panen raya padi bulan ini yang sering disebut para petani sebagai musim rendeng, di Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu menuai hasil yang cukup lumayan. Sebab, pada musim ini, biji padi bisa dikatakan aman dari serangan hama. Kendatipun ada sedikit serangan tikus, namun masih bisa dikendalikan, ungkap salah satu petani padi Parjan saat ditemui Sebatin.com, Kamis (06/04/2017).

Parjan juga menerangkan sawah garapannya di musim rendeng ini tidak terkendala masalah kebutuhan air, serta pengendalian hama, seperti tikus, keong mas, wereng, dan lain sebagainya masih bisa dikendalikan.

Begitu juga dengan kebutuhan pupuk, berkat kerja sama dengan kelompok tani di pekonnya, kebutuhan pupuk pun bisa terpenuhi, sehingga hasil panen pun cukup lumayan bagus.

“Selain itu, kejadian alam seperti angin yang bisa menyebabkan tanaman padi roboh, Alhamdulillah juga tidak begitu parah, seperti panen sebelum nya,” terang Parjan.

Ketika ditanya masalah harga, Parjan juga mengatakan masih standar-standar aja.

“Tidak begitu anjlok. Dan secara itung-itungan, antara modal yang dikeluarkan dengan hasil yang didapat, masih dikategorikan mendapat untung,” tutur Parjan.

Sementara itu, terkait panen raya di wilayah kerjanya, KUPT Pertanian Kecamatan Banyumas Miskam, S.P. saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan, cukup lumayan bagus. Menurutnya, hal ini berkat kerjasama yang baik antara para petani, kelompok tani, serta TNI KUPT Pertanian dengan Dinas Pertanian Pringsewu.

“Sebab, tanpa adanya kerja sama yang baik, tidak mungkin akan membuahkan hasil yang baik,” paparnya.

(Sanusi)

Tinggalkan Komentar Anda