Pangdam Iskandar Muda Tinjau Latihan Pemantapan Raider di Calang, Aceh Jaya

396
Pangdam Iskandar Muda Tinjau Latihan Pemantapan Raider di Calang, Aceh Jaya
Latihan pembebasan tawanan di Kantor Inspektorat Kabupaten Aceh Jaya di Jl. Mahkota, Kuala Meurisi (07/12/2016). Foto: Puspen TNI

Sebatin.com, Calang – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman meninjau lokasi latihan pemantapan Bataliyon Raider 112/Dharma Jaya di Calang, Kabupaten Aceh Jaya Rabu (7/12).

Lokasi yang ditinjau, yaitu latihan pembebasan tawanan di Kantor Inspektorat Kabupaten Aceh Jaya di Jl. Mahkota, Kuala Meurisi dan latihan penghancuran Tower Plaza Telkom Gampong Sentosa.

Latihan tersebut berlangsung sejak tanggal 28 November hingga 7 Desember 2016 di daerah latihan Aceh Jaya Komplek yang diikuti oleh 438 prajurit Raider.

Di sela peninjaunnya, Pangdam menyampaikan, bahwa Batalyon Infanteri Raider 112/Dharma Jaya adalah satuan andalan dan kebanggaan Kodam IM yang memiliki kualifikasi Raider, di mana kemampuannya tiga kali lipat dari kemampuan Batalyon Infanteri biasa yang disiapkan untuk melaksanakan pertempuran, baik di hutan dan di perkampungan atau kota.

Untuk itu, melalui latihan pemantapan ini, para peserta dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan olah keprajuritan yang berkaitan dengan taktik dan teknik bertempur Infanteri.

“Adapun materi latihan yaitu Patroli, Raid Pembebasan Tawanan, Penanggulangan Teror, Raid Penghancuran, Infiltrasi dan Eksfiltrasi, Sermukim, Pertempuran Jarak Dekat, Penyeberangan basah, Renang Taktis dan Mobud,”ungkapnya Pangdam.

Latihan pemantapan Raider sebagai puncak program latihan Satuan Raider yang bertujuan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan prajurit baik perorangan maupun kelompok sehingga prajurit mahir dalam melaksanakan tugas operasi yang bersifat khusus serta memelihara kesiapan operasional satuan dalam menghadapi perkembangan situasi baik regional maupun nasional.

“Saya berharap dengan latihan ini, prajurit Yonif Raider 112/Darma Jaya bisa lebih mahir dan menguasai operasi khusus menggunakan taktik dan teknik Raider baik perorangan maupun kelompok,” ujar Mayjen TNI Tatang Sulaiman.

Turut hadir mendampingi Pangdam, Waasops Letkol Inf Iwan Rosandriyanto, Waasintel Letkol Inf Deky Zulkarnain, Wadan Rindam Kolonel Inf Satyio Arianto dan para Perwira peyelenggara latihan Adam Kamil II, Neusu Jaya, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia. (Rls Puspen TNI/Red)

Tinggalkan Komentar Anda