Pangku Keluhan Masyarakat, Walikota Metro Kunjungi RSI Kota Metro

735
Pangku Keluhan Masyarakat, Walikota Metro Kunjungi RSI Kota Metro
Suasana Diskusi saat Kunjugan Walikota dan Wakil Walikota ke RSI Metro

Sebatin.com, Kota Metro – Walikota Metro, Achmad Pairin bersama Wakilnya, Djohan SE, melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Kota Metro, Perihal adanya aduan warga masyarakat terhadap pelayanan di RSI, Jum’at (04/11/2016).

Pelayanan yang dikeluhkan adalah besarnya biaya perawatan yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit kepada pasien sehingga pasien merasa hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang mereka dapatkan saat dirawat di RSI.

Dalam kunjungannya, Walikota Metro meminta pihak RSI untuk menjelaskan semua informasi-informasi yang sudah tersebar di media sosial.

“Maksud dan tujuan kami berkunjung kemari adalah untuk meninjau dan mengkonfirmasi berita-berita miring dari masyarakat kota Metro. Apapun masalahnya, jika itu menyangkut pelayanan terhadap masyarakat, kami (Pemerintah) harus tau, jangan sampai kami semua terbuai dengan informasi-informasi yang  beredar saat ini. Untuk itu tolong berikan penjelasan tentang sebenarnya apa yang tarjadi di sini (RSI),” Pinta Pairin.

Wakil Walikota Metro juga menegaskan kepada pihak RSI untuk tidak tertutup kepada pemerintah terkait masalah-masalah yang menyangkut pelayan kepada masyarakat.

Pihak RSI yang diwakili oleh dr. Irma Malinda selaku Kepala Bidang Pelayanan, mengklarifikasi bahwa mereka telah memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur. Dan pasien juga sudah ditanyakan tentang kelas apa yang akan digunakan.

“Kami menayakan apakah keluarga pasien memiliki kartu jaminan kesehatan, namun keluarga pasien mengatakan tidak memilikinya. Saat itu pasien meminta kamar kelas 3, karena penuh kami menawarkan untuk dirujuk ke RS lain yang memiliki kelas 2. Namun keluarga tetap menyetujui untuk di rawat di kelas 2 umum,” ungkap dr. Irma.

Pangku Keluhan Masyarakat, Walikota Metro Kunjungi RSI Kota Metro
dr. Irma Malinda Saat Mengklarifikasi Keluhan Masyarakat Terhadap Pelayanan RSI Metro.

Dokter Irma juga menjelaskan perihal masalah obat yang diberikan kepada pasien, ia mengatakan karena dirawat di kelas 2 umum maka obat yang diberikan adalah obat umum.

“Karena dirawat di kelas 2 umum, maka dalam beberapa hari dirawat obat yang diberikan adalah obat umum. Obat yang kami berikan itu one daily artinya obanya untuk satu hari dengan dosis 12 jam maka wajar bila diberikan 2 kali dalam sehari. Jadi tidak bisa itu dibilang berlebihan, karena memang itu masa kerjanya 12 jam,” tambah dr Irma.

Dalam sesi wawancara, Walikota Metro menegaskan bahwa kunjungan hari ini adalah untuk melakukan pembinaan di RSI.

“Kami berkunjung ke RSI bukan sebagai BPK namun kami ingin memberikan pembinaan, karena apapun yang terjadi Rumah Sakit milik pemerintah maupun swasta pemerintah tidak boleh lepas tangan, apalagi menyangkut masalah pelayanan terhadap masyarakat,” Tutup Pairin.

Sebelum mengakhiri sesi wawancara, dr Irma Malinda juga menambahkan, bahwa akan membahas lebih lanjut bersama Direktur RSI dan memanggil secara khusus pasien beserta keluarga yang bersangkutan untuk menyelesaikan masalah ini, mencari solusi bersama seperti memberikan keringanan pembiayaan kepada pasien. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda