Para Pekerja Kota Metro Lebih Banyak ke Taiwan

288
Para Pekerja Kota Metro Lebih Banyak ke Taiwan
Kepala Bidang Ketenagakerjaan Kota Metro Aprizal. Foto: Ist

Sebatin.com, Kota Metro – Para pencari kerja di Kota Metro lebih banyak yang memilih kerja di Taiwan. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro, dari Bulan Januari 2017 hingga pertengahan April 2017 ini tercatat sebanyak 36 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota Metro memilih Taiwan untuk bekerja.

“Kalau alasan mereka lebih berminat untuk bekerja di Taiwan, ini pengakuan mereka ya seperti gaji mungkin lebih besar, dan nyamannya,” terang Kepala Disnakertrans Rakhmat Zainudin melalui Kepala Bidang Ketenagakerjaan Aprizal, Kamis (20/04/2017).

Ia menjelaskan, berdasarkan data, hingga pertengahan April, terdapat 58 TKI asal Kota Metro yang akan berangkat ke empat negara penempatan, yakni Hongkong, Malaysia, Singapura, serta Taiwan. Yang terbagi menjadi dua macam kategori, informal dan formal.

“Informal itu yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) ataupun sebagai pelayan. Jumlah seluruhnya mencapai 49 TKI. Kalau formal, bekerja di perusahaan atau pabrik, itu hanya ada 9 TKI,” jelasnya.

Disnakertrans, terus Aprizal, hanya memberikan surat rekomendasi kepada para calon TKI. Nantinya surat itu diserahkan ke Disnaker Provinsi.

“Jadi kalau TKI legal, pasti melewati kami. Kami akan berikan surat rekomendasi, namun sebelumnya mereka harus mendaftar ke pusat, jadi ketika mereka minta rekomendasi ke sini, datanya sudah ada. Kalau administrasi lengkap, pasti juga tidak akan ada masalah,” terusnya.

Disnakertrans Kota Metro, tambah Aprizal, berencana akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang kepengurusan TKI agar menghindari TKI ilegal, serta memberikan sedikit pemahaman tentang negara yang menjadi tujuan.

“Seperti tradisinya, dan kehidupan di sana bagaimana. Nanti kita akan datangkan narasumber. Tapi kita masih terbentur anggaran, ya kita akan upayakan itu. Ini ingin kita lakukan, agar masyarakat memang menjadi TKI yang resmi melalui perusahaan yang resmi juga,” pungkasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda