Pekon Waringinsari Timur dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pringsewu Berikan Pelatihan Bimtek Kepada Pengurus BUMDes Bina Mandiri

194
Pekon Waringinsari Timur dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pringsewu Berikan Pelatihan Bimtek Kepada Pengurus BUMDes Bina Mandiri
Kepala Pekon Waringinsari Timur, Ali Mustofa saat memberikan sambutan dalam acara Pelatihan Bimtek kepada para Pengurus BUMDes Bina Mandiri, di balai pekon setempat, Sabtu (12/8/207). Foto : Sanusi

Sebatin,com, Pringsewu – Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (PMP) Kabupaten Pringsewu menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pengelolaan Manajemen Pembukuan dan Tata Cara Pelaksanaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kepada Pengurus BUMDes Bina Mandiri Pekon Waringinsari Timur, di balai pekon setempat, Sabtu (12/8/207) lalu.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih, Ali Mustofa ,Kepala Seksi (Kasi) PMD Kecamatan Adiluwih, Khozanah serta Badan Hippun Pemekonan (BHP) setempat.

Dalam sambutannya, Ali Mustofa menjelaskan, sesuai dengan anjuran pemerintah yang mewajibkan untuk setiap pekon agar memiliki BUMDes,maka Pekon Waringinsari Timur telah membentuk BUMDes pada tahun 2017 yang telah mendapatkan kucurkan dana sebesar 70,juta rupiah guna di kelola oleh BUMDes Bina Mandiri Pekon Waringinsari Timur.

Lanjutnya, Ali Mustofa mengharapkan, agar para peserta pelatihan Bimtek tersebut dapat benar-benar fokus dan serius dalam mengikuti pelatihan yang pelaksanaanya dibiayai dri anggaran Dana Desa. Hal itu diungkapkan, agar ilmu yang disampaikan oleh pemateri dapat benar-benar terserap dan berguna sehingga dapat di realisasikan pada BUMDes Bina Mandiri Pekon Waringinsari Timur.

Sementara itu, sebagai pengisi materi, Kepala Seksi (Kasi) bidang usaha Pemberdayaan Masyarakat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (PMP) Kabupaten Pringsewu Kasmini, didampingi oleh Tim Ahli (TA) Destini, menjelaskan, bahwa BUMDes adalah sebuah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa, melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa, yang jasa pelayanan dan usaha lain nya untuk kesejahteraan desa, sebagai upaya menampung seluruh kegiatan dibidang ekonomi dan atau pelayanan umum yang di kelola oleh desa dan atau kerja sama antar desa.

“Tujuan dari didirikannya sebuah BUMDes, yaitu guna meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesjahteraan desa,meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi desa,mengembangkan rencana kerjasama usaha antar desa dan atau dengan pihak ke tiga,serta diharafkan juga bisa menciptakan lapangan kerja”, jelasnya.

(S04)

Tinggalkan Komentar Anda