Pembangunan Lampung Terbagi 3 (Tiga) Klaster, Dialog Ekonomi Gubernur dan BPD HIPMI Lampung

533
Pembangunan Lampung Terbagi 3 (Tiga) Klaster, Dialog Ekonomi Gubernur dan BPD HIPMI Lampung
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo berdialog bersama BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Lampung. Foto: Dok. Humas Pemprov Lampung

Sebatin.com, Bandar Lampung – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo hadiri acara Dialog Ekonomi dengan Tema “Peran Eksistensi HIPMI Dalam Membangun Ekonomi Lampung” di Balai Kratun Kantor Gubernur Lampung (12/11/2016).

Acara dialog bersama BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Lampung tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Budiharto, Ketua Umum BPP HIPMI, Ketua BPD HIPMI Lampung, Ketua BPC HIPMI Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

Dalam paparannya, Gubernur Lampung mengatakan, bahwa Pembangunan di Provinsi Lampung terbagi menjadi 3 (tiga) Klaster, yaitu Pembangunan Pertanian Ketahanan Pangan, Pembangunan Pusat Pertumbuhan Industri, dan Pengembangan Industri Pariwisata.

Menurut Gubernur, pembangunan infrastruktur pertanian menjadi salah satu prioritas, guna menunjang mobilitas hasil pertanian dan perkebunan Provinsi Lampung sebagai lumbung pangan nasional, untuk menyuplai kebutuhan pangan nasional. Selain itu, ada pula pembangunan pusat pertumbuhan industri dalam bentuk industri pangelolaan pangan, industri pengelolaan hasil perkebunan dan pertanian, serta industri perternakan.

Selanjutnya, Gubernur Lampung juga mengatakan, “Lampung memprioritaskan Pengembangan Industri Pariwisata, yakni dengan mengembangkan dan membangun destinasi wisata di wilayah barat. Mulai dari Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, dan Pesisir Barat. Pariwisata adalah strategi mempercepat pembangunan ekonomi.”

Di lain kesempatan, Ketua BPD HIPMI Lampung M. Khadafi yang saat itu bertindak selaku moderator dialog turut menyampaikan, bahwa arah kebijakan ekonomi Pemerintah Provinsi Lampung, harus ditangkap sebagai peluang bagi HIPMI untuk berkontribusi bagi tumbuhnya perekonomian Lampung agar lebih cepat.

Sementara itu, sebagai narasumber, Ketua Umum BPP HIPMI Bahlil Lahadalia menjelaskan tentang pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,62 %. Menurutnya, hal yang menarik dari pertumbuhan ekonomi tersebut terjadi pada UMKM dan tidak terjadi peningkatan pada pengusaha besar. Agar pertumbuhan ekonomi secara nasional semakin baik, maka pemerintah harus berpihak kepada ekonomi kreatif, salah satunya adalah pemberian suku bunga yang terjangkau/rendah.

“Generasi muda harus cerdas dan berani untuk memulai membuka lapangan usaha baru. Untuk turut andil dalam mempercepat pembangunan Nasional,” ajak Ketua Umum.

Ketua Umum BPP HIPMI juga meyakini, bahwa Lampung memiliki masa depan lebih cerah, dikarenakan Lampung dipimpin oleh Pemuda yang berjiwa wirausaha.

“Leadership seorang M. Ridho Ficardo tak usah diragukan, konsep membangun Lampung dengan 3 Klaster pembangunan Provinsi Lampung. Gubernur Muda dan energik dengan segenap optimisme, Lampung pasti lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

(Rls/Munardo)

Tinggalkan Komentar Anda