Pembuatan KIA Kota Metro Lebihi Target

279
Pembuatan KIA Kota Metro Lebihi Target
Kepala Disdukcapil Kota Metro Maria Fitri Jayasinga (memegang mic) saat rapat perdana awal tahun 2017. Foto: Ist

Sebatin.com, Kota Metro – Antusiasme masyarakat Kota Metro untuk membuat Kartu Identitas Anak (KIA) ternyata sangat tinggi. Pasalnya, pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Metro saat ini telah mencapai 17 ribu anak dari 48.155 anak yang berusia 0 sampai 17 tahun kurang sehari.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro Maria Fitri Jayasinga, Selasa (7/3/2017). Ia menuturkan, jumlah tersebut melebihi yang ditargetkan oleh Disdukcapil. Di mana, Disdukcapil sendiri manargetkan sekitar 15 ribu anak yang membuat KIA.

“Alhamdulillah, target kita terlampui. Saya apresiasi antusias masyarakat yang tinggi terkait KIA ini. Bahkan, sekolah-sekolah langsung membawa ratusan siswanya untuk membuat KIA. Nah, jika KIA sudah selesai, kita antar ke tempatnya,” tuturnya

Dalam pembuatan KIA, terus Maria, Disdukcapil Kota Metro mendapat lempengan KIA dari pemerintah pusat sebanyak 25.679 blangko. Sementara untuk peralatan lain dan tinta dibiayai APBD.

“Blangko kita dapat dari pusat. Kalau seperti tinta kan dari APBD. Karena anggarannya minim, jadi kita lakukan bertahap,” terusnya.

Ia menjelaskan, pembuatan KIA juga membantu mendongkrak capaian akta kelahiran. Pasalnya, salah satu syarat untuk mendapatkan KIA, yakni dengan melampirkan akta kelahiran

“Kan syarat untuk membuat KIA adalah membawa foto kopi suami istri, kartu keluarga, Buku Nikah, dan akta kelahiran. Lalu pas foto berwarna 4 x 6 cm sebanyak satu lembar bagi anak usia 6 hingga 17 tahun kurang dari satu hari. Semua itu silahkan bawa ke Disdukcapil, maka KIA akan diproses,” tutupnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda