Pemerintah Provinsi Lampung Gelar Rakor Sekda se-Lampung

821
Pemerintah Provinsi Lampung Gelar Rakor Sekda se-Lampung
Rapat Koordinasi (Rakor) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung dengan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung (21/10/2016). Foto: Dok. Humas Pemprov Lampung

Sebatin.com, Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung dengan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung (21/10/2016).

Dalam Rakor yang diselenggarakan di Gedung Pusiban tersebut, Sekda Provinsi Lampung Ir. Sutono, M.M. yang baru saja dilantik memberikan arahan, bahwa dilakukannya rapat koordinasi ini adalah untuk membahas progres pembangunan di berbagai sektor yang ada di Provinsi Lampung.

Adapun yang menjadi topik pembahasan pada rakor kali ini adalah menyangkut hal-hal yang terkait dengan Pembangunan Insfrastruktur, Peningkatan Pelayanan Publik dan Pembinaan Kelembagaan, Pelaksanaan Program Gerbang Desa, Perencanaan Tata Ruang, P3D, Kependudukan & Catatan Sipil, serta Program untuk Ketahanan Pangan di Provinsi Lampung.

Selain berbagai program yang disebutkan di atas, Sutono juga menyampaikan, bahwa masih ada beberapa permasalahan yang harus segera dikoordinasikan, salah satunya adalah penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung. Maka dari itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memberikan intruksi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota agar membentuk dan mengoptimalkan fungsi TPKD (Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah).

Selain membahas masalah kemiskinan, guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan himbauan agar Pemerintah Kabupaten/Kota bersama Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat bersama-sama meningkatkan Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat, memberikan Program Beasiswa dan Insentif untuk Guru Honorer yang menjadi Kewenangannya masing-masing.

Selanjutnya dalam menanggulangi angka Pengangguran dan meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja menghadapi MEA. Provinsi Lampung memiliki program “Lampung Kompeten” dengan target memberikan sertifikasi kepada 5.000 tenaga kerja serta Pemerintah Provinsi memiliki Program Gerbang Desa melalui program-program pembangunan ekonomi produktif di desa tertinggal, dengan mengoptimalkan pemanfaatan dana desa.

“Diharapkan rapat ini dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung serta menemukan solusi terkait permasalahan pembangunan di Provinsi Lampung dengan harapan dapat mewujudkan keberhasilan dan percepatan pembangunan Menuju Lampung Maju dan Sejahtera”, ujar Sekda Provinsi Lampung.

Menurut informasi yang diterima Sebatin.com dari Kabag Humas Pemprov Lampung Heriyansyah, bahwa dalam kesempatan yang sama, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Adeham menjelaskan, bahwa terlaksananya pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera telah memberikan dampak positif bagi Kabupaten/Kota terutama percepatan ekonomi, serta aktivitas jalan Kabupaten/Kota akan lebih berkurang dikarenakan Kendaran lebih mengutamakan jalan tol, sehingga jalan Kabupaten/Kota tidak dilewati kendaraan bertonase tinggi. Sehingga, diminta kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota untuk terus berkontribusi terhadap tahapan-tahapan pembangunan jalan tol tersebut.

Kemudian, Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadist, juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang belum melakukan pembahasan evaluasi APBD Perubahan untuk segera dilaksanakan. Hal ini guna mengantisipasi keterlambatan dalam penyusunan RAPBD 2017.

Dalam rapat koordinasi ini juga diinformasikan kabar gembira bagi 2 Kabupaten di Provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Lampung Selatan dan Way Kanan yang akan dijadikan lokasi Tanaman Kayu dan Pangan Percontohan di lokasi Hutan Kawasan dan merupakan Hasil koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia.

Rakor Sekda Se Provinsi Lampung juga dihadiri oleh Staff Ahli Gubernur, Kepala Bapeda, dan Pejabat Eselon II Provinsi dan Kabupaten/Kota. (Rls/Munardo)

Tinggalkan Komentar Anda