Pemkot Metro Mulai Serius Realisasikan Dam Raman Menjadi Lokasi Tujuan Wisata

1989
Pemkot Metro Mulai Serius Realisasikan Dam Raman Menjadi Lokasi Tujuan Wisata 01
Foto udara lokasi Taman Wisata Dam Raman, di Kelurahan Purwoasri Kecamatan Metro Utara. Foto : Dok. Matrox Photography

Sebatin.com, Kota Metro – Dalam jangka waktu yang tak lama lagi, lokasi Taman Wisata Dam Raman yang terletak Kelurahan Purwoasri Kecamatan Metro Utara akan memiliki sebuah dermaga untuk bersandar beberapa kapal-kapal kayu yang juga akan segera dibuat untuk digunakan sebagai salah satu alat transportasi wisata air di lokasi tersebut. Hal ini di utarakan oleh Kapala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro, Yerri Ekhwan, saat break dari Hearing bersama para Anggota Dewan DPRD Kota Metro, di aula sidang DPRD setempat, Rabu (06/9/2017).

“Itu sedang kita proses, dan dalam jangka waktu dekat akan kita realisasikan, termasuk rencana pembersihan tanaman enceng gondok yang ada di sana, karena disamping mengganggu keindahan, ternyata juga menjadi sarang tikus, dan pada musim tanam padi, tikus tersebut cukup menjadi hama bagi masyarakat petani diwilayah tersebut”, terang Yerri Ekhwan.

Yerri Ekhwan juga menjelaskan, secara konsepnya lokasi Taman Wisata Dam Raman sendiri akan dikembangkan menjadi lokasi Ekowisata yang berarti sebuah lokasi wisata yang berbasis pada sumber daya alam dan sumber daya manusia.

“Kami sudah berbincang-bincang dengan warga setempat, terkhusus teman-teman dari Paguyuban Warga Purwoasri Bersatu, mereka sangat senang dan sangat mendukung untuk lokasi tersebut dikembangkan menjadi lokasi wisata. Dan sesuai dengan konsepnya, yaitu wisata berbasis sumber daya alam dan manusia, dalam waktu dekat pihak kami (Disporapar) akan melaksanakan pembinaan dan pelatihan untuk warga setempat terutama para kelompok pengerajin atau pelaku usaha yang lain yang nanti bisa kita gandeng guna menyiapkan kondisi sumber daya manusia agar bisa mendukung pengembangan wisata tersebut”, terangnya.

Pemkot Metro Mulai Serius Realisasikan Dam Raman Menjadi Lokasi Tujuan Wisata 02
Kapala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro, Yerri Ekhwan, saat break dari Hearing bersama para Anggota Dewan DPRD Kota Metro, di aula sidang DPRD setempat, Rabu (06/9/2017). Foto : Ade Embun

Lanjutnya, dalam program jangka panjang, lahan seluas 24 hektare yang berada di lokasi Taman Wisata Dam Raman tersebut secara peruntukan dan perencanaan pengembangan akan di bentuk menjadi seperti pulau, guna dimanfaatkan sebagai salah satu lokasi pembangunan fasilitas-fasilitas penunjang wisata lainnya.

“Kita akan lakukan pembuatan semacam kanal, akan kita gali, jadi lahan itu akan terpisah dengan lahan warga, jadi betul-betul bisa jadi wisata air. Nanti ada perahu yang bisa berlayar keliling pulau untuk menjadi salah satu pengembangan wisata di Taman Wisata Dam Raman. Di dalam pulau itu nanti ada tempat-tempat kuliner, fasilitas peristirahatan ataupun tempat bersantai, kemudian akan ada beberapa jenis satwa yang akan kita kembangkan disana, dan juga dapat dijadikan tempat berbagai kegiatan olahraga permainan. Dan sesuai arahan Bapak Sekda dalam hearing tadi (06/9/2017), bahwa hal ini harus benar-benar diprogramkan secara cermat dan agar diusahakan cari perencana yang benar-benar mumpuni untuk dapat mengembangan kawasan tersebut”, jelasnya.

Ditambahkannya, pada tahun 2018 nanti, akses jalan dan jembatan penghubung ke lokasi pulau akan segera di kerjakan. Dan untuk sementara, pihak Disporapar Kota Metro masih dalam tahap menyusun rencana untuk membentuk UPT Pariwisata guna pengelolaan lokasi-lokasi wisata di Kota Metro yang salah satunya adalah Taman Wisata Dam Raman. (S01)

Tinggalkan Komentar Anda