Pemprov Lampung Gelar Rapat Persiapan Penyerahan SK PLT Bupati

507
Pemprov Lampung Gelar Rapat Persiapan Penyerahan SK PLT Bupati
Rapat persiapan penyerahan SK PLT. Bupati yang diadakan Pemprov Lampung Selasa (25/10/2016). Foto: Dok. Humas Pemprov Lampung

Sebatin.com, Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung menggelar rapat persiapan penyerahan SK PLT. Bupati Tulang Bawang, dan Mesuji serta Persiapan Pelantikan Penjabat Bupati Pringsewu. Rapat dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan Rifki Wiriawan dengan dihadiri Sekretaris Kabupaten Pringsewu, Mesuji dan Tulang Bawang serta sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung di Ruang Rapat Asisten Pemerintahan, Selasa (25/10/2016).

Diinformasikan oleh Kabag Humas Pemprov. Lampung Heriyansyah, dalam arahannya Asisten Bidang Pemerintahan Rifki Wiriawan menjelaskan bahwa sebanyak lima Kabupaten di Lampung akan melaksanakan pilkada secara serentak pada 15 Februari 2017 mendatang. Kelima kabupaten dimaksud, yaitu Pringsewu, Lampung Barat, Mesuji, Tulangbawang, dan Tulangbawang Barat.

Menurutnya untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati bagi Kabupaten yang melaksanakan Pilkada tersebut maka perlu diangkat Penjabat Bupati yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama sampai dengan pelantikan Bupati sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu pihaknya memandang perlu menggelar rapat persiapan guna membagi tugas masing-masing SKPD dan Kabupaten yang terlibat dalam pelantikan tersebut.

“Setiap satker telah mempunyai tupoksinya masing-masing. Sehingga rapat ini guna memantapkan tugas dari masing-masing satker agar acara pelantikan dan penyerahan SK Pelaksana Tugas Bupati tersebut nantinya berjalan lancar dan sukses,” jelasnya.

Lebih lanjut Rifki menjelaskan adapun penyerahan SK Pelaksana Tugas Bupati Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji akan dilaksanakan pada Hari Jumat Tanggal 28 Oktober 2016 di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur dan Pelantikan Penjabat Bupati Pringsewu akan dilaksanakan pada hari Rabu Tanggal 23 November 2016 di Gedung Balai Keratun Lantai III Kantor Gubernur.

Sedangkan untuk Kabupaten Lampung Barat tidak ada penyerahan SK Pelaksana Tugas Bupati dan Pelantikan Penjabat Bupati dikarenakan Bupati Definitifnya tidak ikut dalam bursa Pilkada 2017.

Terkait calon Penjabat Bupati yang akan dilantik nantinya, Rifki menegaskan hal tersebut telah diusulkan oleh Gubernur Lampung kepada Menteri Dalam Negeri namun masih menjadi rahasia negara.

“Kita sudah mengusulkan nama untuk PLT, namun hasil keputusan dari pusat dan masih menjadi rahasia. Sehingga tidak etis jika di buka sebelum waktunya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Otonomi Daerah Chandri menyebutkan bahwa setiap Kabupaten yang akan melaksanakan acara Penyerahan SK Pelaksana Tugas dan Pelantikan Penjabat Bupati untuk menyiapkan sarana dan prasarana terkait acara tersebut.

Pihaknya juga menilai harus dilakukan koordinasi dan sinergitas secara berkesinambungan dengan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung dan pihak terkait lainnya agar pelaksanaan Penyerahan SK PLT dan Pelantikan Penjabat Bupati dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

“Kedepan tugas dari PLT harus menyelesaikan Pilkada agar terselenggara dengan damai dan menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerahnya,” ujarnya.

(Rls/Munardo)

Tinggalkan Komentar Anda