Pemprov Lampung Raih Peringkat Ke-3 se- Sumatera Terkait Capaian Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan

8
(kiri) Pj. Sekertaris Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis, (kanan) Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Chandri.

Sebatin.com, Bandar Lampung – Pencapaian status capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan pada suatu daerah, merupakan pengukuran derajat capaian otonomi daerah, yang di cerminkan melalui efektivitas penyelenggaraan urusan wajib dan urusan pilihan oleh berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Sekertaris Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis, didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Chandri, usai pelaksanaan kegiatan upacara bendera di Lapangan Korpri Pemprov Lampung, Senin(25/06/2018).

“Dan patut kita syukuri, bahwa kinerja penyelenggaraan pemerintahan Pemprov Lampung, berhasil ada pada peringkat ke-3 se- Sumatera, atau peringkat ke-12 secara nasional”, terang Hamartoni Ahadis.

Ditambahkan oleh, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Lampung, pemeringkatan tersebut dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri RI, dengan fokus objek pengukuran dan penilaian pada penyelenggaraan urusan wajib dan urusan pilihan yang tersebar menjadi tugas pokok dan fungsi seluruh SKPD. “Tahun ini, pada saat Peringatan Hari Otonomi Daerah beberapa waktu lalu, prestasi ini bisa di raih oleh Pemprov Lampung”, jelasnya.

“Sejak 2012, secara konsisten Pemprov Lampung, berupaya meningkatkan skor status capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahannya. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh SKPD, sehingga dengan skor meningkat dari tahun ke tahun”, ujar Chandri.

“Dan tantangan ke depan akan menjadi lebih berat, mengingat standart pengukuran kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah akan diperbarui, dan wajib disertakan dengan bukti-bukti pendukung yang tervalidasi”, tambahnya.

Di ungkapkan juga oleh Chandri , bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan Pemerintah Kota Metro juga memperoleh atribut bintang, untuk status capaian kinerja pemerintahan kabupaten/kota.

“Atribut bintang ini merupakan kategori prestasi sangat tinggi dalam capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan kota. Pemkab Lampung Barat bersama 194 pemkab lain se- Indonesia dan Pemkot Metro bersama 56 pemkot lain se-Indonesia tergolong berprestasi sangat tinggi, tentu dengan kriteria dan penilaian yang juga ketat”, pungkas Chandri.

(*)

Tinggalkan Komentar Anda