Pemprov Lampung Sambut Baik Kehadiran BPK, Guna Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa TA 2015-2018

10
Pemprov-Lampung-Sambut-Baik-Kehadiran-BPK,-Guna-Pembinaan-dan-Pengawasan-Dana-Desa-TA-2015-2018
Pj. Sekdaprov) Lampung, Hamartoni Ahadis, saat menerima audiensi BPK Perwakilan Lampung, di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Selasa (10/7/2018).

Sebatin.com, Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengapresiasi dan menyambut baik, atas kunjungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Lampung yang akan melakukan pengumpulan data dan informasi terkait pembinaan dan pengawasan pengelolaan serta alokasi Dana Desa (DD) tahun anggaran 2015-2018. Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Hamartoni Ahadis, saat menerima audiensi BPK Perwakilan Lampung, di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Selasa (10/7/2018).

“Diharapkan dengan adanya pengumpulan data tersebut dapat meningkatkan pembinaan dan pengawasan pengelolaan dan alokasi dana desa kedepannya”, ujar Hamartoni.

Kepada satuan kerja terkait, salah satunya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMK), Hamartoni Ahadis meminta, dapat memberikan informasi dan data tentang pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa. “Satuan kerja terkait harus membantu dalam pengumpulan data dan informasi yang akan dilakukan BPK”, ujarnya

”Kami merasa terbantu dengan adanya pengumpulan data ini. Dan kami berharap agar pihak BPK dapat memberikan informasi, seperti kendala yang terjadi ataupun pengelolaan dana desa yang masih kurang, sehingga kami dapat memberikan teguran kepada kabupaten masih tidak melakukan pengelolaan dana desa secara optimal”, kata Hamartoni Ahadis.

Sementara itu, Ketua rombongan BPK Perwakilan Lampung, Dana Boedi Wibowo, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Lampung, atas respon dan sambutan yang baik terkait maksud dan tujuan mereka. “Kami bukan melakukan pemeriksaan, tetapi melakukan pengumpulan data. Kami ingin menggali terkait peranan pemerintah Provinsi Lampung dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa”, jelasnya.

“Rencananya, kami akan melakukan pengumpulan data selama 5 (lima) hari kerja, hingga hari Jum’at (red, 13 juli 2018). Dan Minggu depan, kami juga akan menurunkan 4 (empat) tim untuk melakukan pemeriksaan kinerja kabupaten dalam pengawasan dan pengarahan dana desa. Adapun kabupaten yang akan dilakukan pemeriksaan yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Tanggamus dan Pesawaran”, papar Dana Boedi Wibowo.

“Ke depan, secara serentak, di seluruh Indonesia akan melakukan pemeriksaan terkait dana desa tersebut”, pungkasnya.

(*)

Tinggalkan Komentar Anda